Pemkab Manggarai

Kunjungan Kerja ke Disdukcapil, Bupati Hery Pantau Pelayanan Dokumen Bagi Masyarakat

Kominfo -Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit memantau langsung pelayanan dokumen bagi masyarakat di dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kamis 4 Januari 2024.

Bupati Hery ingin memastikan pelayanan dokumen seperti KTP, akta kelahiran, akta nikah, kartu keluarga dan lainnya bisa berjalan baik dan masyarakat bisa memperoleh dokumen dengan mudah.

Selain itu kunjungan ini juga mau memastikan kehadiran para pegawai di kantor usai liburan Natal dan Tahun Baru.

Saat kunjungan tersebut, Bupati Hery didampingi Asisten II drh.Yosep Mantara. Kehadiran Bupati diterima kepala dinas Dukcapil Kosmas Banggut, Sekretaris Dinas Paulus Ngambol, para Kepala Bidang serta staf.

Tampak Bupati Hery menemui dan berbincang dengan sejumlah masyarakat untuk menanyakan perihal dokumen yang diurus.

Selain itu Bupati juga berdialog dan mendengarkan persoalan yang disampaikan para pegawai seperti keterbatasan peralatan atau fasilitas penunjang lainnya.

Kepada para pegawai, Bupati Hery meminta agar para pegawai meningkatkan disiplin dalam bekerja untuk melayani dokumen yang dibutuhkan masyarakat “Di Capil ini butuh disiplin yang tinggi dalam bekerja, karena masyarakat sudah antri dari pagi. Kantor belum dibuka masyarakat sudah ada depan kantor. Meski ada juga pembagian jam kerja, ada yang masuk pagi, ada yg sore hari,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Catatan Sipil Yoya Nabit, menuturkan, saat ini Dinas Capil membutuhkan mesin nomor antrian untuk melayani masyarakat yang mengurus dokumen “Selama ini kami menggunakan cara manual, sehingga petugas kewalahan, terlebih kalau antrian masyarakat banyak urus dokumen,”terangnya.

“Untuk server dan jaringan saat ini dalam kondisi baik dan aman,”sambungnya.

Ia juga mengatakan, saat ini juga dibutuhkan penambahan alat perekam KTP ” Karena pengadaanya satu paket, ada kamera, laptop, sementara selama ini masih menggunakan peralatan yang lama dan terbatas untuk pelayanan mobile,”ujarnya.

Selain itu kata Dia, dibutuhkan ruang bermain bagi anak-anak dan ruang khusus bagi ibu menyusui (ruangan laktasi) “Kadang petugas yang menggendong anak-anak kalau ibunya lagi mengurus dokumen, kalau ada ruangan bermain bagi anak-anak mereka bisa leluasa bermain. Begitu juga untuk ibu-ibu agar bisa menyusui anak-anak mereka dengan baik,”jelasnya.

Dari dinas Dukcapil, Bupati dan Asisten II, mengunjungi Dinas Perumahan Rakyat kawasan Pemukiman dan Pertanahan serta Dinas KB dan Pemberdayaan Perempuan.

Di kedua Dinas tersebut, Bupati Hery kembali menekankan pentingnya meningkatkan disiplin dan etos kerja “Pelayanan tetap dilaksanakan meski anggaran terbatas.Minimal pelayanan untuk menyerap aspirasi masyarakat di desa. komunikasi dengan para kepala desa agar bisa menampung usulan dan aspirasi masyarakat untuk dijadikan perhatian bersama,’’tuturnya.

‘’Benahi disiplin kerja dengan baik, jaga kekompakan dan kebersamaan dalam bekerja,’’paparnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =