Pemkab Manggarai

Kepala Bappelitbangda Buka Kegiatan Penyusunan Visi Misi dan Kepengurusan Forum PSDAT Manggarai

Kominfo- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Drs. Hilarius Jonta, membuka kegiatan penyusunan Visi Misi dan kepengurusan forum Pengelolan Sumber Daya Air Terpadu (PSDAT) kabupaten Manggarai, bertempat di aula Efata, Ruteng, Rabu 12 Juli 2023.

Dalam sambutannya kepala Bappelitbangda Hilarius Jonta yang juga sebagai ketua Pokja AMPL mengatakan, ke depan harapannya pengelolaan air minum tersistematis, melibatkan semua orang dan dari tata kelola serta tata kerja harus bisa berjalan baik mulai dari perencanaan, pengelolaan serta pengawasan.

 Hilarius Jonta menjelaskan, pada tahap ini, harus didiskusikan dan disepakati serta dirumuskan bersama yayasan Plan Internasional Indonesia seperti apa manfaat dari kegiatan ini ‘’ apakah bisa memberikan kontribusi bagi kepentingan masyarakat dan pembangunan di kabupaten Manggarai,’’ujarnya.

Tim yang dibentuk ini kata Hilarius Jonta, juga diharapkan bisa merumuskan tujuan-tujuan kegiatan program apa yang akan dilaksanakan dalam rangka menjawab Visi Misi dan akan dirumuskan bersama oleh tim ini.

Untuk itu lanjutnya, dari hasil studi pihak YPII tentang pengelolaan air, maka dibentuk tim dalam forum ini. Artinya setelah tim atau forum ini ada, diharapkan orang-orang yang tergabung dalam tim atau forum ini, lebih aktif dan bisa memberikan kontribusi pikiran yang bermanfaat untuk penyusunan Visi dan Misi, tujuan dan program kegiatan yang akan diperoleh

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya, terkait dengan pengelolaan sumber daya air terpadu, di mana pada pertemuan sebelumnya disepakai bahwa bicara tentang air harus dikelola secara bersama-sama.

Sementara itu Perwakilan Yayasan Plan Internasional Indonesia, Yohan Lele berharap out put dari kegiatan ini bisa mengidentifikasi Visi Misi pengelolaan sumber daya air terpadu di kabupaten Manggarai seperti apa.

 Lalu berikutnya kata Yohan, lembaga atau orang-orang mana saja yang bisa diajak untuk bergabung di dalam forum ini ‘’yang jelas ketika kita omong tentang pengelolaan sumber daya air, berarti butuh banyak orang yang terlibat di dalamnya dan bisa sama-sama berpikir, seperti apa pengelolaan sumber daya air di Manggarai yang lebih baik, berkelanjutan serta berkeadilan,’’paparnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur PDAM Tirta Komodo Marsel Sudirman, Konsultan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu, Mike Riwu Kaho, Spesialis Perubahan Iklim dari YPII, Getha Purba, Perangkat Daerah Terkait, Konsorsium Disabilitas, BMKG, perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, serta perwakilan Kecamatan, desa dan kelurahan di kabupaten Manggarai. **

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 9 =