Pemkab Manggarai

Isak Tangis Warnai Keberangkatan Peserta Jamnas Pramuka

Ruteng-Sejumlah orang tua dan kerabat  yang mengantarkan anak-anaknya mengikuti kegiatan Jambore Nasional di Cibubur,Jakarta Timur tidak kuasa menahan tangis ketika melepas keberangkatan anak-anak mereka di kantor Kwarcab Gerakan Pramuka 2412 Ruteng- Manggarai,Minggu (7/8/2016 ).

Namun tidak sedikit pula orang tua yang terlihat santai dan bangga melihat putra dan putri mereka membawa nama daerah Manggarai dalam Jambore Nasional ke X yang berlangsung dari tanggal 14-22 Agustus dan rencananya akan di buka langsung oleh Presiden Joko Widodo tepat di hari jadi Pramuka  ke 55 tanggal 14 Agustus 2016 mendatang.

Sekertaris Gerakan Pramuka Kwarcab 2412 Manggarai Felix Edon berpesan agar Anggota Pramuka yang akan berangkat harus melaksanakan tugas dan amanah sesuai tanggung jawab yang sudah di berikan,’’Jangan menangis dulu,pulang baru menangis sepuas-puasnya,berikan yang terbaik buat Daerah ini,’’Tegas Edon.

Marius Tembaru asal kampung Nekang,Kecamatan Langke Rembong salah satu Orang Tua yang anaknya turut tergabung dalam Kontingen Jamnas 2016 ini mengaku terharu dan bangga dengan terpilihnya putri mereka,”Kami orang tua mendukung anak-anak kami dalam kegiatan ini,banyak pelajaran yang mereka dapat,mereka bisa disiplin di mana saja,bukan hanya di sekolah tapi di rumah juga,ini merupakan pengalaman berharga untuk masa depan mereka,”Ujar Tembaru.

Sementara itu Pimpinan Kontingen Cabang dan Wakil Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab 2412 Manggarai Kon Mitang kepada Media ini menjelaskan peserta yang akan berangkat menuju Cibubur kali ini berjumlah 30 orang terdiri atas Pimpinan dan wakil pimpinan Kontingen Cabang,di tambah 4 orang Pembina pendamping serta anggota putra 12 orang dan putri 12 orang,sementara satu Peninjau sekaligus Pembina dari SMPN 6 Cibal berangkat bersama rombongan dengan biaya sendiri dan bertugas sebagai budayawan di Anjungan Nusantara Cibubur Jakarta Timur.

Menurut Mitang ada beberapa syarat yang harus di penuhi oleh setiap anggota untuk mengikuti Jamnas kali ini diantaranya berusia 11-15 tahun,di seleksi dari semua Gudep yang mengikuti Jambore Cabang kemudian di seleksi lagi untuk mengikuti Jambore Daerah (Jamda).Dari hasil Jamda kata Mitang dipilih lagi sebanyak 4 regu,berdasarkan pertimbangan kemampuan anak-anak dan juga kemampuan fisik,’’Biarpun badan kecil tapi punya kemampuan dan ketahanan,kesehatan,keterampilan bagus,itu yang di pilih,’’Ujar Mitang.

Dirinya menambahkan rombongan akan berangkat dar Ruteng ke Labuan Bajo kemudian menggunakan Kapal Feri dari Bima ke Denpasar,tiba di Denpasar langsung menggunakan angkutan Darat menuju Jakarta.

Salah seorang Ketua Regu Jamnas 2016 asal SMPN 1 Langke Rembong Imelda Mutiara Hani atau biasa di sapa Tiara dan Lusi Sevania Ezra Abo asal SMP Immaculata Ruteng mengaku bangga dan senang bisa mengikuti Jamnas kali ini.Untuk itu dirinya akan memanfaatkan kegiatan ini untuk menimbah pengalaman dari teman-teman Pramuka dari daerah lain di Indonesia,’’Ini kan kegiatan Nasional,jadi semua daerah di Indonesia pasti ada,kesempatan ini harus di manfaatkan untuk berbagi dan menimbah pengalaman sehingga bisa membentuk karakter kita jadi lebih tangguh dan bersaing,’’Ungkap Tiara.

Dalam kegiatan Jamnas kali ini demikian Tiara menjelaskan beberapa kegiatan akan mereka lakukan di Bumi Perkemahan Cibubur antara lain petualangan,wisata,tali temali,pendakian,isu globalisasi,forum penggalang serta kegiatan lainnya.    *** (ars)

Apel Pelepasan : Sejumlah Kontingen Pramuka Gudep 2412 Manggarai mengikuti Apel Pelepasan Menuju Jamnas Cibubur-Jakarta Timur. Foto : Aris

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.