Pemkab Manggarai

Gerak Jalan Sehat dan Pentas Seni, Meriahkan HAN di Manggarai

Kominfo – Kegiatan Gerak Jalan Sehat, Pawai Merdeka Anak dan Pentas Seni Anak, turut memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat kabupaten Manggarai yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Seperti diketahui, berdasarkan Keppres nomor 44 tahun 1984 yang ditetapkan Presiden Soeharto, Hari Anak Nasional jatuh setiap tanggal 23 Juli dan bukan merupakan libur Nasional.

Sekretaris Daerah kabupaten Manggarai Drs.Jahang Fansi Aldus melepas gerak jalan sehat dan pawai anak merdeka, yang memulai titik star di depan kantor Bupati Manggarai dan melewati beberapa ruas jalan dalam kota Ruteng.

Gerak jalan sehat yang dimulai pukul 07.00 wita ini dibagi dua jalur, di mana untuk arah timur diikuti siswa-siswi SD dan SMP sementara untuk jalur barat diikuti siswa-siswi SMA dan finis kembali di depan kantor Bupati Manggarai.

Sebelum melepas peserta gerak jalan sehat dengan mengangkat bendera star, Sekda Fansi Jahang meneriakkan yel-yel Anak Terlindungi, Indonesia Maju.
“Baik anak-anak sekalian, sebelum kita mulai gerak jalan, saya ajak kita semua teriakan yel-yel Anak Terlindungi, Indonesia Maju,”kata Sekda Fansi.

Sekda Fansi Jahang menuturkan, kegiatan hari anak di mulai dengan jalan sehat karena secara Nasional, hari ini pemerintah atau negara mau memperhatikan khusus anak-anak “Pada hari ini, kita sebagai orang tua diingatkan lagi akan hak-hak anak-anak kita, seperti ; hak atas kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak atas pendidikan, hak atas kesamaan, hak atas perlindungan khusus anak serta hak-hak lainnya,”ungkap Sekda.

Sekda Fansi mengharapkan seluruh anak di Indonesia khususnya di Manggarai bisa tumbuh dan berkembang dengan baik secara positif.

Sementara itu dikutip dari laman Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawanti S.E, M.Si mengatakan tema hari anak nasional 2022, yakni Anak Terlindungi, Indonesia Maju.

Tema ini kata Menteri, diambil sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menjadi penghalang untuk tetap melaksanakan hari anak Nasional.

Selain itu lanjut Menteri, tema ini juga diwujudkan untuk mendorong langsung berbagai pihak untuk memberikan kepedulian langsung di tengah -tengah masyarakat dan memastikan anak-anak Indonesia tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak pada pasca pandemi Covid 19.

Acara gerak jalan sehat kali ini juga diikuti, Kepala Dinas P3A kabupaten Manggarai Silvanus Hadir, Unsur Forkopimda, Camat Langke Rembong Emil Ndahur, Sekretaris Dinas P3A dr.Veronika Jelulut, para kepala bidang dan staf di Dinas P3A serta guru-guru. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + twenty =