Pemkab Manggarai

Dukung Pengembangan Desa Wisata Compang Todo, Bank NTT Beri Bantuan CSR ke Pemkab Manggarai

Kominfo – Demi mendukung pengembangan desa wisata di Compang Todo desa Todo Kecamatan Satar Mese Utara Kabupaten Manggarai, Bank NTT Cabang Ruteng memberikan bantuan CSR kepada pemerintah Kabupaten Manggarai.

Penyerahan bantuan tersebut diserahkan Pimpinan Bank NTT cabang Ruteng, Jemmi Romi D. Radjalangu dan diterima langsung oleh Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, S.E., M.A.  bertempat di ruang kerja Bupati, Kamis 16/12/2021.

Kepala Bank NTT Cabang Ruteng Jemmi Romi D. Radjalangu mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggungjawab dari Bank NTT untuk pengembangan pariwisata di Manggarai khususnya di desa wisata Compang Todo, apalagi ini merupakan binaan Bank NTT. “Bank NTT peduli terhadap pengembangan pariwisata, untuk itu kami berkonsultasi dengan Pemkab Manggarai. Desa wisata Compang Todo merupakan desa wisata binaan Bank NTT sehingga ini menjadi starting point untuk pengembangan pariwisata. Ke depan tempat-tempat lain juga yang ada di kabupaten Manggarai,” katanya.

Jemmi berharap ke depan pariwisata di Manggarai terus berkembang bahkan bisa menjadi pariwisata internasional. Dia juga mengucapkan terimakasih dan meminta dukungan Pemkab Manggarai untuk Bank NTT.

Sementara itu Bupati Manggarai Herybertus Nabit mengatakan dalam rangka pengembangan pariwisata Compang Todo dibutuhkan Master plan yang baik, agar semua pihak dapat memahami kebutuhan fasilitas yang dibangun, “dari pembicaraan kami dengan Bank NTT, kita harus membiayai lembaga-lembaga yang kiranya mempunyai keahlian dalam penyusunan Masterplan ini,” ungkap Bupati Hery.

Dikatakan Bupati Hery, sembari menyusun Masterplan, Bank NTT juga berinisiatif untuk sedikit membangun fasilitas yang dibutuhkan dalam waktu beberapa bulan ke depan sebelum musim kunjungan wisatawan tahun 2022 mendatang.

Dijelaskan, bantuan CSR untuk penataan rumah bisa yang dipakai sebagai penginapan wisatawan, tidak dalam konsep home stay atau dalam rumah penduduk, tetapi ada salah satu rumah adat yang bisa dipakai untuk menginap, “jadi bantuan dari Bank NTT ini, dipakai untuk menata rumah tersebut. Selain itu untuk penataan fasilitas sanitasi,” jelasnya.

“Toilet yang akan ditata kembali yang akan dipenuhi beberapa fasilitasnya sehingga setidaknya memenuhi syarat kebersihan dan kesehatan dalam pariwisata budaya. Sehingga kita mudah-mudahan lebih siap menyambut musim wisatawan,” sambungnya.

Bupati Hery juga menyampaikan terimakasih atas kepedulian Bank NTT dalam upaya pengembangan pariwisata di Manggarai. Apalagi Bank NTT kata beliau sejak awal ikut terlibat dalam pembangunan pariwisata budaya Manggarai, “dari Bank NTT sendiri, sejak awal menginginkan supaya ikut serta dalam pembangunan pariwisata budaya di Manggarai, karena itu desa Todo dipilih sebagai salah satu lokasi pengembangan pariwisata budaya,” tuturnya.  (ars)

Share this post

One Response

  1. Apresiasi Kepada Bank NTT Yang atas kepedulian terhadap wisata desa Todo ,Kami sangat bangga dengan dukungan Menunjang berbagai macam jenis persiapan dalam menyambut kedatangan Tamu wisatawan 2022.
    Jika berkenan jadikan desa kami sebagai desa wisata Budaya yang dispurnakan program digital bebasis desa

Leave a Reply

Your email address will not be published.