Pemkab Manggarai

Diskominfo Ikuti Asistensi Penyusunan Renja PD tahun 2025 di BKAD Manggarai

Ruteng, Diskominfo Manggarai – Jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Manggarai mengikuti agenda Asistensi penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) Tahun 2025, yang dihelat di ruang Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Manggarai, pada Kamis (13/6/2024) siang.

Dalam kesempatan tersebut, jajaran  Diskominfo dipimpin langsung Kepala Dinas, Heribertus Jelamu, SH., bersama Sekretaris Dinas, Paulus Jeramun, M.Si., Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Matilda Herlina Irma, A.Md., Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Valentinus Arkian, S.Sos., Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Metodius Santosa Jemat, ST., dan Perencana Ahli Madya, Vinsensia Ardiana Sui, SE.

Selain Diskominfo, giat asistensi yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Manggarai (Asisten I), Frumencius L. T. Kurniawan, SE., didampingi Sekretaris BKAD, Roy Dampung, Kabid Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPEPD) Bapperida Manggarai, Yohanes Audaktus Rodriquez, MPA., Kabid Anggaran tersebut juga turut diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di lingkungan Pemkab Manggarai. asistensi dilakukan secara bergantian sesuai jadwal yang ditetapkan.

Adapun, giat ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan bahan Rencana Kerja Perangkat Daerah dengan beberapa komponen, diantaranya Pohon Kinerja Perangkat Daerah, Rekapitulasi Rincian Kegiatan Prioritas Tahun 2025, Rekapitulasi Anggaran Perjalanan Dinas dan ATK, Hasil Cetakan Inputan Renja PD Tahun 2025 pada aplikasi SIPD RI, dan terakhir daftar Rekapitulasi Hibah yang telah diberikan dari tahun 2021-2024 beserta hasil.

Saat membuka giat Asistensi, Asisten I Frumencius Kurniawan menegaskan tujuan dari asistensi ini adalah untuk memastikan rencana anggaran sesuai dengan prioritas pembangunan daerah dan kesesuaian dengan kebijakan nasional yang berlaku. Dengan demikian jelasnnya, asistensi menjadi langkah penting dalam menjaga konsistensi dan akuntabilitas perencanaan anggaran untuk periode ke depan khusus tahun 2025.

Menurut Asisten I anggaran perlu disusun dan direncanakan, karena adanya kekhawatiran ketercukupan/keterbatasan dana sehingga perlu perencanaan yang presisi sehingga dana bisa digunakan secara maksimal. Penyusunan dana perlu dilakukan secara efektif, mempertimbangkan masa kini dan masa depan.

“Beberapa peragkat Daerah sudah selesai melakukan asistensi. Spirit yang kami sampaikan sama bahwa dalam menyusun dan merencanakan anggaran diperlukan perencanaan yang presisi, sehingga penggunaan anggaran maksimal,” jelasnya seraya memberikan kesempatan kepada Dinas Kominfo untuk membahas secara rinci rencana anggaran tahun 2025.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Heribetus Jelamu, SH., menjelaskankan pada prinsipnya Dinas Kominfo telah mendistribusikan anggaran pada tiga Bidang yang ada, berdasarkan pagu akhir yang ditetapkan oleh Badan Perencana, Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah yakni sebesar Rp. 3.373.531.030.

Jumlah tersebut demikian Kadis Heri Jelamu untuk menunjang 5 (lima) Program/Kegiatan/Sub Kegiatan (usulan masyarakat hasil Musrenbangcam) yang ada di Dinas Kominfo. Kelima Program tersebut antara lain Program Penunjang Urusan Pemerintah Darah Kabupaten/Kota, Program Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Program Pengelolaan Aplikasi Informatika, Program Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Program Penyelenggaraan Persandian untuk Pengamanan Informasi.

Ia mengatakan, terjadi perbedaan yang cukup significant antara pagu awal dan akhir yang ada di Dinas Kominfo. Karena itu, asistensi ini sangat penting untuk melihat dan mencermati secara bersama kegiatan-kegiatan yang telah dirancang sesuai pagu awal.

“Dalam Asistensi ini saya mengajak semua jajaran di Diskominfo mulai Sekrataris, para Kepala Bidang dan Pejabat Fungisional untuk memberikan informasi terkait Rencana Kerja Perangkat Daerah Diskominfo tahun 2025. Mereka secara bergantian akan membahas rencana-rencana kegiatan berdasasrkan tugas, pokok dan fungsi masing-masing,” tandasnya. (MC Kab Manggarai)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 16 =