Pemkab Manggarai

Camat Damianus Arjo Sampaikan Usulan Prioritas dan Mendesak Yang di Butuhkan Masyarakat Satar Mese

Ruteng – Camat Satar Mese Damianus Arjo,S.STP menyampaikan beberapa usulan prioritas dan mendesak warga Satar Mese saat kegiatan Musrenbangcam-RKPD tingkat kecamatan Satar Mese yang berlangsung di Aula Paroki Santo Arnoldus Yanssen Ponggeok,Jumat (15/2/2019).

Camat Damianus Arjo mengatakan usulan tersebut berdasarkan hasil Musrenbangdes dan akan dibahas di Musrenbangcam-RKPD sesuai Misi Kabupaten Manggarai dan prioritas daerah tahun 2020.

Misi pertama meningkatkan perekonomian Manggarai dengan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia didukung pembangunan infrastruktur yang berkualitas terdiri dari 460 usulan.Misi ke dua,memajukan derajat kesehatan masyarakat yang berkualitas dan merata terdiri dari 91 usulan.Misi ke tiga,memajukan pendidikan yang demokratis,bermutu dan akuntabel terdiri dari 128 usulan.Misi ke empat,mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup yang berwawasan ekosistem dan berbasis tata ruang terdiri dari 126 usulan dan Misi ke lima,mewujudkan supremasi hukum,kesetaraan gender dan HAM terdiri dari 33 usulan.

Dijelaskan Camat Damianus Arjo,berdasarkan prioritas daerah di tahun 2020,untuk prioritas pertama sebanyak 191 usulan,prioritas ke dua untuk peningkatan kualitas infrastruktur sebanyak 172 usulan,prioritas ke tiga penanggulangan kemiskinan sebanyak 47 usulan,dan prioritas ke empat berkaitan dengan sektor pariwisata sebanyak 14 usulan.

Camat Damianus Arjo menambahkan,dilihat dari banyaknya usulan diatas ada beberapa usulan prioritas yang sangat mendesak dan dibutuhkan masyarakat Satar Mese.

pertama,terkait status jalan Ruteng-Golo Cala.Ke dua,pembangunan di jalur selatan mulai dari Wae Tilir,Wae Uwul,Wae Kuse,serta Wae Nanas.Ke tiga,gedung SDI di Mano desa Mocok yang hingga kini belum ada gedung permanen karena masih gunakan gedung darurat serta guru PNS hanya dua orang.ke empat,peningkatan status SMA WOA menjadi definitif karena Dapodik masih melalui SMAN 1 Satar Mese di Narang.Ke Lima,relokasi puskesmas Iteng,karena alasan abrasi kali Wae Koe sehingga di pindahkan dekat kantor camat. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =