Pemkab Manggarai

Bupati Manggarai Serahkan SK dan SPMT 415 PPPK 2023

Ruteng, Diskominfo Manggarai – Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, S.E.,M.A, secara resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) dan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) kepada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Manggarai tahun 2023, bertempat di Aula MCC Ruteng, Selasa 4 Juni 2024. Total PPPK yang menerima SK dan SPMT sebanyak 415 orang, dan akan ditempatkan pada 18 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Manggarai.

Pantauan media ini, para PPPK yang menerima SK dan SPMT sudah berada di MCC sekitar pukul 08.30 WITA. Mereka langsung menempati kursi sesuai noomor urut dalam SK. Tepat pukul 10.00 WITA acara dimulai yang diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Manggarai Nomor 126 Tahun 2024, tentang Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Lingkup Pemkab Manggarai Tahun 2023.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Drs. Jahang Fansi Aldus, Pimpinan Cabang Bank NTT Ruteng Romi Radjalangu, para Staf Ahli Bupati Manggarai, para Asisten Setda, para Pimpinan Perangkat Daerah, dan Camat Langke Rembong.

Bupati Herybertus Nabit dalam sambutannya menyampaikan profisiat kepada para pegawai yang telah menerima SK PPPK. “Karena itu syukur lewat kerja, lewat kerja keras, lewat kerja-kerja pintar yang orang bilang hari ini kerja cerdas. Bapak Ibu semua adalah sarjana dan tunjukkan bahwa anda memang berbeda. Selamat datang di jajaran pemerintah kabupaten Manggarai. Kita akan bekerja bersama-sama dalam keterbatasan, dalam kondisi sekarang dan dalam peran kita masing-masing,” ungkapnya.

Bupati Hery juga mengajak para lulusan untuk mempersembahkan yang terbaik untuk kabupaten Manggarai tercinta. “Yang terjadi hari ini adalah langkah awal bukan tujuan akhir. Langkah awal untuk pengabdian lebih dan episode yang baru dalam hidup,” katanya.

Karen itu Bupati meminta untuk memastikan di langkah awal ini untuk memiliki komitmen yang sama. “Itulah kenapa penyerahan SK seperti ini, tidak buat di luar ruangan tapi di ruangan tertutup. Pertama karena ini sebuah penghormatan untuk kita semua. Kedua, karena ada arahan-arahan yang harus disampaikan kepada kita semua yang menjadi pegangan awal untuk masuk ke dalam sebuah sistem. Meski sebagian besar sudah berada dalam sistem, “ujarnya.

Menurut Bupati Hery Nabit, SK yang diperoleh pada hari ini adalah buah dari kerja keras dan lewat kerja cerdas “Hari ini saudara-saudara mendapatkan SK, karena itu cintai pekerjaan, curahkan waktu dan hidupmu di pekerjaan tersebut. Kalaupun kita sampai pada titik ini, ada begitu banyak doa dari orang-orang baik. Tunjukanlah bahwa anda memang pantas didoakan dan diandalkan dalam keluarga dan di tempat kerja,” paparnya.

Selanjutnya dalam arahannya, Bupati Hery menekankan pentingnya tanggung jawab dan profesionalisme ASN baik PNS maupun PPPK dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Untuk itu beberapa hal penting diperhatikan oleh seorang PPPK. Pertama disiplin dan loyal terhadap pemerintah kabupaten Manggarai. Loyal bukan kepada individu-individu tapi kepada kebijakan yang sudah ditetapkan dari atas. Bahwa kebijakan itu bisa diubah, bisa diperbaiki Ia, tapi yang sudah diputuskan tetap dijalankan.

“Loyal penting kepada pimpinan, loyal terhadap program-program dan semua kebijakan pemerintah kabupaten Manggarai. Kita masuk dalam organisasi dan sistem, maka konsekuensinya adalah ada sebagian hak kita yang hilang. Hilang kenapa? karena kepentingan organisasi itu lebih besar dari pada kepentingan pribadi kita,”ucapnya.

Kedua, terus belajar terkait aturan-aturan, belajar keahlian-keahlian baru. Semua orang pasti bisa sukses, tapi yang tidak bisa sukses adalah orang malas dan tidak mau belajar. Dan ketiga, pintar dan bersikap santun

“Jadi kalau sudah loyal, rajin, santun dan komunikatif itulah spiritualitas. Spiritualitas menurut saya tidak hanya rajin berdoa dan beribadah, tapi di tempat kerja menunjukan  sikap santun, rajin, komunikatif dan bekerja dengan baik itulah spiritualitas,” demikian Bupati Hery.

Selain itu Bupati juga mengingatkan para PPPK untuk bisa menjaga diri di tahun politik. Hal yang perlu dijaga katanya adalah bijak bermedia sosial dan menjunjung tinggi netralitas ASN. Mengenai pilihan itu hal biasa dan biarkan pilihan itu disimpan dalam hati agar situasi bisa terjaga dengan baik.

Bupati juga berpesan agar selalu hidup hemat. bahwa negara bisa membiayai hidup tapi negara tidak bisa membiayai gaya hidup “Mari sama-sama kita kita menjaga diri kita, menjaga pekerjaan kita, agar kita bisa bisa bekerja sama membangun daerah kita Manggarai tercinta di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Maksimus Tarsi dalam laporannya menyatakan bahwa 415 orang penerima SK bernomor 546/2023 tanggal 20 Juli 2023 itu berasal dari tiga kategori yakni sebanyak 120 orang Jabatan Fungsional Kesehatan, 210 orang Jabatan Fungsional Guru dan 85 orang Jabatan Fungsional Tenaga Teknis. (Aristo/MC Kab Manggarai)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − thirteen =