Pemkab Manggarai

Bupati Manggarai Sampaikan Jawaban Terhadap Pandangan Fraksi Atas Nota Keuangan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2023.

Ruteng-Kominfo- Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A menyampaikan jawaban terhadap pandangan fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) atas nota keuangan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Manggarai tahun anggaran 2023.

Penyampaian jawaban Bupati Manggarai terhadap pandangan fraksi-fraksi di DPRD tersebut, dibacakan Sekretaris Daerah Drs. Jahang Fansi Aldus, dalam masa sidang II. Sidang dipimpin Wakil Ketua DPRD Flavianus Soe, berlangsung di ruang sidang utama kantor DPRD Manggarai, Rabu 3 Juli 2024.

Hadir juga saat sidang berlangsung, Ketua DPRD Matias Masir, wakil ketua Simprosa Rianasari Gandut, anggota DPRD, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan perangkat daerah, sekretaris dinas serta para kepala bagian lingkup Pemerintah kabupaten Manggarai.

Bupati Manggarai Herybertus Nabit menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada fraksi -fraksi DRPD, yang telah menyampaikan usul saran, masukan dan apresiasi terhadap nota keuangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kabupaten Manggarai tahun anggaran 2023.

Menurut Bupati Hery, usul saran, masukan dan apresiasi tersebut akan mendorong tercapainya pelaksanaan APBD yang mampu menyerap aspirasi masyarakat sesuai visi kita bersama dalam rangka menuju masyarakat Manggarai, Adil, Maju dan Berdaya Saing.

Berikut jawaban/penjelasan Bupati terhadap usul-saran, masukan dan apresiasi yang telah disampaikan fraksi-fraksi melalui pandangan umum :

Kepada Fraksi PAN, Bupati menyampaikan terima kasih atas apresiasi fraksi terhadap pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2023 oleh BPK RI perwakilan provinsi NTT yang meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kepada Fraksi Golkar, Bupati menyampaikan terima kasih atas apresiasi fraksi yang menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah yang telah memenuhi tugas konstitusionalnya yakni menyampaikan pengantar nota keuangan atas pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2023.

Terkait permintaan fraksi untuk pengelolaan keuangan daerah berpedoman pada beberapa prinsip antara lain partisipatif, transparansi, dapat dipertanggungjawabkan, disiplin anggaran dan keadilan anggaran serta memerhatikan efisiensi dan efektivitas anggaran dimaksud, Bupati Manggarai sependapat.

Kepada Fraksi Restorasi Partai Nasdem, Bupati menyampaikan terima kasih atas apresiasi fraksi terhadap pencapaian laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) kabupaten Manggarai TA 2023 dengan WTP.

Bupati juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi fraksi terkait hibah aset berupa tanah kepada Polres Manggarai dan terkait permintaan fraksi untuk merekomendasikan agar dilakukan pembangunan merupakan prosedur teknis dari penerima hibah.

Kepada Fraksi PDI-P, Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada fraksi yang telah memberikan telaahan pada pos penerimaan pendapatan daerah dan sependapat untuk melakukan suatu upaya yang keras untuk meningkatkan penerimaan yang bersumber dari pendapatan asli daerah dan lain -lain pendapatan daerah yang sah.

Terhadap beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah, terkait struktur pendapatan daerah, kontribusi pendapatan daerah, trend pendapatan daerah selama 3 (tiga) tahun terakhir, struktur belanja daerah dan trend belanja daerah akan menjadi perhatian dalam berbagai upaya intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber pendapatan daerah untuk membiayai belanja program dan kegiatan.

Kepada Fraksi Hanura, Bupati menyampaikan terima kasih atas apresiasi fraksi terhadap pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023 baik terhadap pendapatan, belanja maupun pembiayaan yang realisasinya di atas 90% dan ucapan terima kasih yang sama atas apresiasi fraksi terhadap pencapaian laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) kabupaten Manggarai tahun anggaran 2023 dengan opini WTP dan sependapat untuk mempertahankannya di tahun akan datang.

Bupati juga sependapat agar konsep pembangunan prioritas dilaksanakan berdasarkan skala prioritas dan memiliki daya ungkit terhadap pencapaian visi dan misi kabupaten Manggarai yaitu Manggarai yang maju, adil dan berdaya saing.

Kepada Fraksi Gerindra, Bupati menyampaikan terima kasih atas apresiasi fraksi terhadap realisasi pendapatan daerah, baik pendapatan asli daerah maupun pendapatan transfer. Pemerintah daerah akan tetap berusaha memaksimalkan penerimaan pendapatan daerah di masa yang akan datang.

Kepada Fraksi Demokrat yang berharap agar opini WTP yang dicapai harus sejalan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Manggarai, pemerintah sependapat dan merupakan harapan dari setiap pelaksanaan program pemerintah.

Bupati juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi fraksi terhadap pencapaian laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2023 dengan memperoleh opini WTP dan sependapat untuk menindaklanjuti catatan rekomendasi oleh BPK RI perwakilan provinsi NTT serta mempertahankannya di tahun selanjutnya.

Demikian penyampaian jawaban Bupati Manggarai terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD kabupaten Manggarai, dengan harapan hal-hal yang yang masih membutuhkan penjelasan tambahan akan disampaikan pada rapat-rapat selanjutnya.  **

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =