Pemkab Manggarai

Bupati Manggarai Pantau Pembenahan Pelataran Pasar Puni Ruteng

Kominfo– Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit,S.E.,M.A memantau pembenahan pelataran pasar Puni Ruteng, pada Rabu (26/4/2023).

Turut hadir bersama Bupati, diantaranya, Sekda Manggarai Jahang Fansi Aldus, Asisten II drh.Yosef Mantara, kepala Dinas PUPR Lambertus Paput, Kaban Pendapatan Charles Rihi, Kasat Pol PP Aldy Tjangkung dan Camat Langke Rembong Emil Ndahur serta para pelaku usaha yang ada di pasar Puni Ruteng.

Selain memantau pembenahan pelataran pasar yang dilakukan para pegawai dinas PUPR Manggarai dan sejumlah perangkat daerah, pada kesempatan tersebut Bupati Hery juga meninjau dari dekat stan-stan serta fasilitas penunjang  yang ada di pasar Puni Ruteng dan memastikan stan-stan tersebut siap digunakan bagi para pedagang  yang akan menempati pasar Puni.

Sekretaris Daerah Jahang Fansi Aldus di sela-sela pemantauan pembenahan pelataran pasar Puni mengatakan, kegiatan pembenahan pasar Puni, khususnya di area pelataran pasar merupakan kegiatan lanjutan yang telah diakukan pemerintah daerah beberapa waktu lalu.

Pemerintah daerah kata Sekda Fansi berkeinginan agar aset pasar Puni ini bisa segera dimanfaatkan secara maksimal ‘’ini jadi tugas pemerintah agar tempat ini (pasar) segera dimanfaatkan. Kami juga akan koordinasi untuk persiapan pemanfaatan pasar ini. Ini masih tahap awal, masih ada langkah-langkah berikut yang harus dilakukan,’’ungkapnya.

Dijelaskan Sekda Fansi Jahang, pembersihan dan pembenahan lokasi yang dilakukan dinas PUPR bersama perangkat daerah lainnya dalam rangka ke depan aset pelataran pasar ini sudah bisa dimanfaatkan sebagai pasar maupun terminal.

Selain itu jelas Sekda Fansi, pemanfaatan aset pasar Puni juga untuk mengurangi kepadatan yang terjadi di pasar Inpres Ruteng ‘’tidak salah juga jika pasar Puni ini dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan tentunya mengurangi kepadatan, kemacetan, kesemerawutan di pasar Inpres,’’ujarnya.

Dijelaskan Sekda, di pasar Puni saat ini terdapat 198 lapak dan 35 kios yang akan dimanfaatkan bagi para pedagang ‘’ini siap dimanfaatkan pedagang. Nanti kita atur, lapak ikan, sayur, dagingnya di mana. Sehingga nanti akan terurai situasi di pasar Inpres kalau pasar Puni ini bisa disegera dimanfaatkan,’’ungkapnya.

‘’Kami mohon dukungan dari masyarakat, khususnya saudara-saudara kita para pedagang yang ada di pasar  Inpres. Kalau saatnya nanti dipindahkan, mari kita sama-sama mendukung. Tentu tidak serta merta dipindahkan, ada tahapan dan tentu disosialisasikan terlebih dahulu oleh tim’’pungkasnya.  (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 7 =