Pemkab Manggarai

Bupati Hery Tutup Kegiatan Bimtek Smart City

Ruteng, Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit S.E, MA, menutup kegiatan Bimbingan Teknis tahap IV Penyusunan Masterplan Kota Cerdas ( Smart City ) Kabupaten Manggarai, selasa ( 16/11/2021 ) di Aula Ranaka Kantor Bupati.

Bimtek penyusunan Masterplan kota cerdas dan program unggulan Quick Win Smart City Kabupaten Manggarai, telah dilaksanakan 4 tahap. Bimtek tahap 1, pada tanggal 21 s/d 22 juni 2021, tahap 2 di gelar tanggal 13 s/d 14 september, tahap 3 tanggal 11 s/d 12 oktober, dan yang terakhir di gelar siang kemarin 16 november 2021. Selaku nara sumber dalam kegiatan tersebut yakni Windy Gampeta, Ibu Mila, yang merupakan tim konsultan atau tenaga ahli dari Kementrian Kominfo RI.

Bupati Hery mengatakan, di era sekarang ini arus informasi dan komunikasi menjadi sangat cepat, dan dengan teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat hidup dalam ritme dan pola yang cepat pula. Namun disisi lain jelas Bupati Hery, pemerintah belum dapat menyamakan kecepatan yang baginya merupakan imbas dari aturan- aturan yang mengikat.

Pada kesempatan yang sama Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, karena kabupaten Manggarai terpilih sebagai salah satu Kabupaten untuk program besar smart city.

“ Ini bukan sekedar sebuah program, tapi ini adalah sebuah kebutuhan di zaman ini, zaman dimana semua orang mau serba cepat,” ungkapnya.

Tim ahli Kementrian Kominfo Windy Gambeta mengatakan, melalui program ini pemerintah diajak untuk melihat pembangunan daerah dengan cara yang inovatif. Jadi sekalipun kegiatan yang dilaksanakan ada yang merupakan kerja- kerja lama, tapi dapat menggunakan cara-cara yang baru.

“ Masterplan ini  disusun untuk sepuluh tahun. Akan diambil beberapa contoh kegiatan yang disebut Quickwin,” ujarnya.

Sementara itu PLT Kadis Kominfo Manggarai Drs. Karolus Jun dalam laporanya menjelaskan, dilakukanya penyusunan masterplan smart city Kabupaten Manggarai tahun 2022-2026 adalah untuk menyusun pedoman bagi tim pelaksana smart city daerah dalam implementasi program dan rencana aksi yang telah disusun sehingga dapat berlangsung secara efektif, sistematis dan berkelanjutan.

Adapun tujuan disusunya masterplan smart city yakni sebagai berikut; terumuskanya arah pembangunan smart city Kabupaten Manggarai, tersedianya indikator smart city, tersusunya rencana aksi smart city, tersusunya road map program smart city, serta menyelaraskan program dan kegiatan smart city Kabupaten Manggarai dengan RPJM dan program kegiatan OPD yang tertuang dalam Renstra OPD.

Penyusunan masterplan smart city Kabupaten Manggarai merupakan hasil kerja sama dengan Kementrian Kominfo berdasarkan hasil assessment gerakan menuju smart city pada kawasan pariwisata prioritas dan ibu kota Negara baru, dan ditindaklanjuti dengan penandatangan nota kesepahaman antar Ditjen Aplikasi Informatika dengan Pemkab Manggarai pada bulan mei 2021 yang lalu.

Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan OPD, perwakilan pegiat seni, budaya dan pariwisata, semantara  pihak kecamatan hadir secara daring. (pet)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *