Pemkab Manggarai

Bupati Hery ; Suster Virgula Banyak Mencetak Generasi Manggarai Yang Berguna

Kominfo – Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit S.E.,M.A mengapresiasi dan memuji pengabdian yang telah dilakukan Suster Virgula, SSpS selama mengabdi di lembaga Santu Damian Cancar kabupaten Manggarai.

hal tersebut diutarakan Bupati Herybertus Nabit, saat mengikuti perayaan ekaristi, mengenang tiga hari berpulangnya Suster Virgula, bertempat di Santu Damian Cancar, Minggu 3 juli 2022.

Bupati Hery mengatakan, belum banyak yang dilakukan pemerintah daerah selama Suster Virgula berada dan mengabdi di Santu Damian “Kami atas nama pemerintah daerah memohon maaf atas kekurangan. Ke depan pintu komunikasi akan selalau terbuka, bagi kerjasama untuk kemajuan Santu Damian, “ungkapnya.

Diakui Bupati Hery, Santu Damian banyak mencetak generasi Manggarai yang berguna. Semangat anak-anak Santu Damian kata Bupati Hery, sangat berbeda dan sangat kuat.

Bupati juga mengakui, banyak anak-anak Mangarai yang memiliki masa depan yang baik ketika berada di Santu Damian “Terimakasih atas jasa-jasa Suster Virgula di tempat ini (Santu Damian) dan bagi anak-anak di Manggarai,”ucapnya.

“Terimakasih atas pengabdian Suster Virgula selama berada dan membangun Santu Damian, meski kita juga tahu bersama, Suster sendiri tidak mengharapkan pujian, “sambungnya.

Bupati Hery juga merasa bangga , karena banyak anak-anak datang dari berbagai tempat, ketika mendengar kabar meninggalnya Suster Virgula “Itu juga mau menunjukan bahwa kita orang Manggarai, adalah orang yang tahu berterima kasih,”tuturnya.

Dikatakan Bupati Hery, ucapan terimakasih betapapun sederhananya, itu bukan puji-pujian, apalagi ucapan terimakasih yang tulus dari lembaga Santu Damian, dari masyarakat Manggarai dan dari kita semua “Sudah seharusnya kita menghargai dan mengucapkan terimakasih atas jasa-jasa Suster Virgula. Meskipun ucapan terimakasih ada yang langsung atau dari tempat masing-masing melalui doa,”katanya.

Tetapi lanjut Bupati, ada baiknya langsung dan menunjukkan kita adalah masyarakat yang tahu menghargai jasa-jasa orang lain.

Sementara itu Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Ruteng Romo Alfons Segar, pr mewakili Uskup Ruteng, menyampaikan permohonan maaf Uskup Ruteng yang tidak dapat hadir.

Karena di saat yang sama, kata Romo Alfons, Uskup Siprianus Hormat, berada di Loce dalam rangka pemberkatan Kapela di Loce.

Uskup Siprianus ujar Romo Alfons, menyampaikan penghargaan dan hormat yang setinggi-tingginya terhadap semua bentuk pelayanan Suster Virgula selama berada di Manggarai dan terutama di Santu Damian Cancar “Bapa Uskup, para Klerus, rohaniwan dan rohaniwati beserta seluruh umat di Keuskupan Ruteng menyampaikan terimakasih yang setinggi – tingginya atas jasa dan pelayanan kasih yang telah dilakukan Suster Virgula di seluruh wilayah Manggarai ini,”ujar Romo Alfons.

Suster Virgula atau lengkapnya Suster Virgula Schimitt, SSpS lahir di Grunebach Jerman, 3 September 1929. Beliau adalah sosok perintis pusat rehabilitasi kaum difabel dan kusta St.Damian dan rumah sakit St.Rafael yang mana kedua tempat tersebut berada di Cancar kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai.

Selesai perayaan Ekaristi, Bupati yang didampingi Ibu Meldiyanti Hagur Marcelina Nabit, pimpinan OPD dan Vikjen beserta undangan lainnya, melakukan ramah tama dan makan siang bersama.

Turut hadir dalam acara ini jajaran Pemda Manggarai , Provinsial SSps Flores Barat, Komunitas St.Rafael dan Damian, para suster SSps, dan keluarga besar Santu Damian serta masyarakat sekitar. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 19 =