Pemkab Manggarai

Bupati Hery Serahkan Bantuan Pangan Pemerintah Secara Simbolis Bagi Keluarga Rentan Stunting


Kominfo- Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E., M,A secara simbolis menyerahkan bantuan pangan pemerintah bagi keluarga rentan stunting di kabupaten Manggarai, bertempat di kantor kecamatan Langke Rembong Ruteng, Rabu 28 Juni 2023.

Tiba di gerbang kantor Camat Langke Rembong, Bupati dan rombongan diterima secara adat Tuak Curu oleh Camat Langke Rembong, Emilianus Ndahur dan jajaran.

Dalam sambutannya Bupati Herybertus Nabit mengatakan, meski dalam keadaan atau situasi sulit, pemerintah pusat masih memiliki perhatian kepada masyarakat melalui pemerintah daerah guna membantu masyarakat atau keluarga yang rentan stunting ‘’ Biar tidak disalah artikan, maksud dari rentan stunting itu, belum stunting tapi kalau tidak diatasi atau diperhatikan dengan baik, anak-anak bisa stunting,’’ungkapnya.

Dijelaskan Bupati Hery, program pemerintah ada dua, pertama untuk yang sudah stunting dan kedua untuk yang rentan atau hampir stunting ‘’Yang kalau tidak dibantu anak-anak bisa stunting,’’ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Hery kembali menjelaskan, apa itu stunting. Stunting kata Bupati Hery adalah tumbuh kembang seorang anak tidak sempurna atau bertumbuh tidak sempurna ‘’kalau tidak sempurna bukan soal badan kecil, bukan soal tinggi badan tetapi terletak pada otak anak tersebut,’’jelasnya.

‘’kalau anak mengalami stunting, ketika sekolah anak-anak sulit untuk belajar. Karena ketika usia 0 hingga 2 tahun, gizi anak tersebut tidak terpenuhi. Bahwa dengan gizi yang bagus, tubuh anak akan gemuk, cepat tinggi, itu semua tanda tapi yang paling penting di otaknya,’’paparnya.

Bupati Hery mengatakan, untuk perbaikan otak pada anak-anak yang paling baik di usia 0 hingga 2 tahun. Makanya anak-anak usia 0 hingga 2 tahun mendapat perhatian khusus dari pemerintah ‘’karena usia 0 sampai 2 tahun, otak anak masih bisa diperbaiki tentu dengan makanan yang bergizi. Yang sulit kalau diperbaki di usia 2 hingga 5 tahun, makanya ada PAUD biar bisa merangsang otak anak-anak,’’terangnya.

Meski ada bantuan pemerintah namun Bupati Hery meminta perhatian orang tua untuk terus memperhatikan tumbuh kembang anak agar tidak terjadi stunting.

Pemerintah kata Bupati Hery juga terus berupaya berpikir tentang masyarakat. Pekerjaan pemerintah tidak hanya fokus soal perbaikan jalan, jembatan, gedung sekolah atau lainnya tetapi juga persoalan kesehatan terutama masalah stunting.
Pada kesempatan tersebut, Bupati juga mengingatkan masyarakat agar lebih berhemat dalam pengeluaran karena situasi ekonomi yang sedang sulit.

Selain itu Dirinya juga meminta kepada masyarakat di sisa 6 bulan ke depan dan memasuki tahun politik 2024, untuk selalu menjaga situasi yang damai, aman dan tertib.

Panitia kegiatan pada kesempatan yang sama melaporkan, di kabupaten Manggarai terdapat 4.309 kepala keluarga yang masuk kategori rentan stunting, mendapatkan 12.927 kg daging ayam dan 129.270 butir telur dari dari Badan Pangan Nasional selama 3 bulan.

Dikatakan, tahap pertama, bantuan yang telah tiba di Ruteng sebanyak 1.122 paket yang akan dialokasikan kepada 3 kecamatan, antara lain kecamatan Langke Rembong 332 paket, kecamatan Wae Ri,I, 247 paket dan kecamatan Rahong Utara 543 paket.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, drh.Yosef Mantara, Camat Langke Rembong Emilianus Ndahur, para Lurah, ketua tim penggerak PKK kecamatan, kepala kantor POS Ruteng, staf kantor kecamatan Langke Rembong serta insan pers. **

Share this post

One Response

  1. Artikel yang sangat menarik dan informatif. Saya akan kembali membaca artikel ini di waktu lain.kunjungi Tel U

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =