Pemkab Manggarai

Bupati Hery Sampaikan Amanat Ketua Kwarnas, Pada Peringatan HUT ke 61 Pramuka

Kominfo – Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A yang juga sebagai ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka kabupaten Manggarai, menyampaikan amanat Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, dalam apel memperingati Hari Ulang Tahun ke 61 Pramuka, tingkat kabupaten Manggarai, berlangsung di lapangan Motang Rua Ruteng, Kamis 1/9/2022.

Peringatan HUT Pramuka tingkat kabupaten Manggarai baru dilaksanakan kali ini, dikarenakan pada tanggal 14 hingga 21 Agustus, Kwarcab Manggarai sedang mengikuti Jamnas XI yang berlangsung di bumi perkemahan Cibubur Jakarta Timur.

Apel HUT Pramuka ke 61 ini, diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya dan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara serta pembacaan Satya Dharma oleh anggota Pramuka.

Ketua Kwarnas Budi Waseso dalam amanatnya mengatakan, tema utama peringatan hari Pramuka ke 61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Tema ini menunjukan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang “Pengabdian di dalam gerakan Pramuka sejak usia Pramuka siaga, adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita”ungkapnya.

Dikatakan pria yang akrab disapa Buwas ini, semua bentuk pengabdian sejalan dengan kode kehormatan, yakni Dwi Satya dan Dwi Dharma untuk Pramuka siaga serta Tri Satya dan Dasa Dharma untuk golongan Pramuka lainnya. Di semua kode kehormatan gerakan Pramuka itu kata Buwas, ditekankan pentingnya bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membedakan suku, agama, ras dan antargolongan.

Dijelaskan Budi Waseso, bersamaan dengan peringatan hari Pramuka ke 61 tahun ini, kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan jambore nasional ke XI di Cibubur Jakarta dengan tema “Ceria, Berdedikasi, Berprestasi “Saya harap tema ini juga dapat diterapkan oleh semua anggota gerakan Pramuka, terutama adik-adik peserta didik dimanapun berada. Baik yang ikut Jamnas maupun tidak,”katanya.

“Marilah kita tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa, selalu berdedikasi dalam semua aktifitas kita, baik di sekolah, kampus, tempat pekerjaan maupun lainnya dan berusaha mencapai prestasi sebaik-baiknya dalam bidang yang ditekuni,”tambahnya.

Ketua Kwarnas Budi Waseso menerangkan, pada tahun ini juga akan ada sejumlah kegiatan nasional lainnya, diantaranya ; Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara tingkat nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya tingkat Nasional di Bangka Belitung dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu “Marilah kita dukung dan ikut menyukseskan kegiatan-kegiatan tersebut,”ajak Buwas.

Mengakhiri amanatnya, Ketua Kwarnas yang juga Direktur utama Perum Bulog ini menyampaikan terimakasih kepada Presiden dan Wakil Presiden selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Nasional gerakan Pramuka, para Menteri, Panglima TNI, Kapolri dan semua pejabat negara di tingkat pusat, para Gubernur, Bupati /Walikota dan Camat sebagai ketua Majelis Pembimbing Daerah, Majelis Pembimbing Cabang dan Majelis Pembimbing Ranting serta para pembina gugus depan dan semua pihak yang telah ikut membantu mengembangkan gerakan Pramuka.

Selain itu Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan anak -anak didiknya dalam gerakan Pramuka serta masyarakat luas yang selalu mendukung gerakan pendidikan kepanduan.

Kegiatan memperingati hari jadi Pramuka tahun 2022 kali ini, diisi juga dengan beberapa acara, diantaranya ; penyerahan plakat kenang-kenangan Musyawarah Nasional (Munas) XI dari ketua Kwarcab Manggarai Jahang Fansi Aldus kepada Bupati Manggarai, penerimaan kontingen Jambore Daerah ke IX dan Jambore Nasional ke XI, penyerahan tanda penghargaan Jambore Nasional ke XI tahun 2022 oleh Bupati Manggarai kepada Pembina Pendamping, penyerahan sertifikat relawan anti Narkoba Nasional kepada Pankorcab Jamnas 2022, atraksi drumband Kwarcab 2412 Manggarai, kolaborasi tarian Jel Semaphore SMPN 6 Lenda, Cibal Barat serta ditutup dengan gebyar Semaphore oleh anggota Pramuka se kecamatan Langke Rembong.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Drs.Jahang Fansi Aldus yang juga Ketua Kwarcab kabupaten Manggarai, Dandim 1612 Manggarai Letkol Inf.Mohammad Faisal Toar, pimpinan OPD, Staf Ahli Bupati, Camat Langke Rembong, Pimpinan Kwarcab dan Kwaran, para andalan dan staf, pembina/pelatih, majelis pembimbing cabang, Pramuka siaga, penggalang, serta penegak. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.