Pemkab Manggarai

Bupati Hery Resmikan Program BOKS di Manggarai

Kominfo Manggarai – Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, SE. MA meresmikan pelaksanaan program Build Our Kid’s Success (BOKS) di Kabupaten Manggarai. Peresmian ditandai dengan pemukulan gong berlangsung di halaman SDI Wangko, Kecamatan Rahong Utara, Rabu (25/01).

Build Our Kid’s Success (BOKS), salah satu program yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI) bekerja sama dengan Pemkab Manggarai untuk merangsang anak-anak sekolah lebih sering bergerak demi terciptanya anak-anak yang sehat dan bahagia.

Bupati Hery dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada WVI yang turut serta membangun Manggarai melalui berbagai program dan kegiatan pendampingan di wilayah Manggarai.

Dikatakan, dampak dari kegiatan fisik melalui program BOKS akan meningkatkan konsentrasi belajar anak-anak. Program ini mesti direplikasi dengan cepat oleh semua sekolah di Manggarai.

Dia berharap, program BOKS tersebut bisa dilaksanakan dengan baik oleh 39 sekolah di Manggarai yang menjadi sasaran program itu. “Ini hanyalah pemancing bagi tumbuhnya inisiatif-inisiatif lain. Kalau saya lihat tadi harusnya bisa direplikasi dengan cepat tapi kita lihat dalam perjalanannya nanti,” harapnya.

Lebih lanjut Bupati Hery mendorong semua pihak untuk terus berupaya meningkatkan kualitas generasi muda termasuk siswa. Pasalnya, persaingan dunia kerja di era terbuka saat ini makin tinggi. “Saat ini kita hidup di era terbuka yang kompetisinya makin kencang. Kalau kita tidak mempersiapkan anak-anak dengan baik maka anak-anak kita akan kalah bersaing,” pungkasnya.

Kepala Dinas PPO kabupaten Manggarai, Fransiskus Gero, S.Pd mengatakan, program BOKS bertujuan mengaktifkan kembali aktifitas fisik para siswa. “Jadi anak-anak ini dibiasakan dengan gerak fisik yang sederhana dan menyenangkan,” katanya.

Menurutnya, uji coba program BOKS dilaksanakan pada 39 sekolah yang tersebar pada 4 kecamatan. Ke depan diharapkan bisa diterapkan pada semua sekolah di kabupaten Manggarai.

Kadis Gero mengajak semua pihak untuk terus berkolaborasi memajukan pendidikan di Manggarai. “Mari kita bangun pendidikan ini dengan niat yg baik,” tutupnya.

Sementara Leader Tim Program BOKS WVI Saskia R. Panggabean mengatakan, WVI hadir di Manggarai sejak tahun 2007 dan akan berkarya hingga tahun 2029 mendatang. Upaya pendampingan tidak saja di bidang pendidikan tapi juga pada pemberdayaan ekonomi, kesehatan serta perlindungan perempuan dan anak. “Khusus di bidang kesehatan kita juga terlibat dalam upaya penanganan stunting,” jelasnya.

Saskia menerangkan, kegiatan BOKS mendorong agar anak-anak lebih banyak bergerak yang berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. “Anak terbangun kebiasaan hidup sehat, sehat fisik dan sehat mental,” terangnya.

Menurutnya, Dari hasil uji coba yang dilakukan WVI di Jakarta dan Manggarai Timur, ada peningkatan bergerak 15 persen pada anak-anak setelah diintervensi program BOKS. Program BOKS terintegrasi dengan kurikulum dan berbagai kegiatan di sekolah.

Saskia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Manggarai yang selalu mendukung kegiatan WVI di kabupaten Manggarai.

Pada kegiatan ini Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit juga menyerahkan secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2023 dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Manggarai kepada sejumlah siswa SDI Wangko.

Turut hadir Staf Ahli Bupati, para Pimpinan OPD, unsur Forkompimcam Rahong Utara,
Utusan 39 sekolah dampingan WVI program BOKS serta guru dan siswa SDI Wangko. ***(Yoga)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 16 =