Pemkab Manggarai

Bupati Hery Pantau Pelaksanaan US di SDI Bea Kakor dan SDI Purang

Kominfo– Bupati Manggarai memantau pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di dua Sekolah Dasar Inpres (SDI) di kecamatan Ruteng, yakni SDI Bea Kakor dan SDI Purang, Senin  8 Mei 2023.

Sebelum memantau kegiatan, Bupati Manggarai yang didampingi Sekretaris Dinas PPO Wensislaus Sedan, Kepala Bidang  SD Dewi Stepi, Kepala Dinas Kominfo Heribertus Jelamu, Kaban Kesbangpol dan Linmas Gondolfus Nggarang, diterima secara adat Tuak Curu dan Manuk Kapu di dua sekolah yang melaksanakan ujian akhir tersebut.

Kepada para siswa Bupati Hery memberikan motivasi dan semangat agar lebih tenang dan teliti dalam menyelesaikan soal-soal ujian ‘’ujian yang baik, harus teliti dan persiapkan diri sebelum ujian. Makan dahulu dan jangan lupa berdoa,’’ujar Bupati Hery dihadapan anak-anak.

‘’Bagaimana ujian sulit?bisa dikerjakan? Sulit atau gampang? Namanya juga ujian pasti sulit ya, kalau tidak sulit bukan ujian namanya, tapi saya yakin anak-anak bisa kerjakan,’’ujar Bupati Hery.

Selain itu kepada para guru dan pembimbing di dua sekolah tersebut, Bupati Hery menuturkan sektor pendidikan merupakan sektor yang mewah karena anggaran yang besar ‘’tapi apakah karena angaran semua bisa teratasi, tentu tidak. Anggaran besar tapi di sisi lain juga kebutuhannya besar, kebutuhan besar karena gedung-gedung sekolah kita sudah saatnya diperbaiki,’’paparnya.

‘’Memang tahun ini dibutuhkan anggaran yang besar untuk pertanian, irigasi pertanian dan untuk jalan. Jadi itu konsentrasi kita saat ini,’’ungkapnya.

Selain itu kata Bupati sektor pendidikan biayanya besar karena untuk membiayai sektor sumber daya manusianya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Hery juga berpesan akan tiga hal, pertama terkait literasi dasar (baca-tulis) ‘’pastikan yang lulus dari SDI Bea Kakor dan SDI Purang ini bisa baca tulis dengan baik. Jangan sampai ada yang lulus dari sekolah ini, tapi tidak bisa baca tulis dengan baik,’’katanya.

Hal kedua yang menjadi pesan dan perhatian Bupati adalah Numerasi (Berhitung) ‘’Saya mohon perhatian Bapak dan Ibu guru untuk perhatikan perkembangan pelajaran matematika anak-anak didik kita,’’ujarnya.

‘’Untuk Dinas PPO bisa petakan Numerasi dari sekolah-sekolah yang sudah baik (hijau) dan beri arahan kepada sekolah-sekolah sekitar untuk belajar dari sekolah tersebut.

Sementara itu hal lain yang menjadi perhatian Bupati adalah tentang pendidikan karakter ‘’hal karakter pada anak sederhana saja, bisa buat kegiatan ekstra seperti pramuka, olah raga untuk membangun karakter anak-anak kita yang bisa memiliki karakter dan tanggung jawab,’’paparnya.

Hal selanjutnya yang dipesan Bupati Hery agar para tenaga pendidik menjaga dengan baik siswa dan siswi terutama siswa perempuan dalam segala bentuk kerasan terutama kekerasan seksual ‘’jaga anak-anak perempuan kita sehingga nanti dia tumbuh menjadi anak yang memiliki kehormatan pada masa remaja dan pada masa dewasa,’’pungkasnya.  (ars)  

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + nineteen =