Pemkab Manggarai

Bupati Hery Nabit Buka Kegiatan Musrembang 2022 Kabupaten Manggarai

Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit S.E, MA, membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah ( MUSREMBANG ) Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ) tahun 2022 tingkat Kabupaten Manggarai, senin ( 19/04/2021 ) di Aula Ranaka kantor bupati Manggarai.

Dalam sambutanya Bupati Hery menjelaskan tema yang kita usung untuk rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Manggarai tahun 2022 adalah pembangunan infrastruktur, memacu produktivitas dengan agenda prioritas pembangunan sebagi berikut;

  1. Meningkatkan perekonomian melalui peningkatan produktivitas pertanian, pembangunan infrastruktur dan UMKM.
  2. Peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat.
  3. Optimalisasi pengembangan kebudayaan dan pariwisata
  4. Peningkatan kualitas lingkungan hidup.
  5. Peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik.

Penetapan tema dan prioritas ini kata beliau, tidak terlepas dari penetapan tema dan prioritas pembangunan Nasional dan pemerintah Propinsi NTT. Keterkaitan tema dan prioritas ini menjadi hal yang sangat penting guna menjamin kesinambungan dan keterkaitan antara perencanaan pembangunan mulai dari tingkat Pusat sampai tingkat Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut dijelaskan, tema pembangunan infrastruktur memacu produktivitas menjadi sangat relavan dengan kondisi Manggarai saat ini. Kondisi infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan sudah harus dibenahi mengingat kondisinya yang sudah tidak bagus lagi. Kondisi infrastruktur dasar ini tentunya akan sangat berdampak pada banyak hal, antara lain laju pertumbuhan ekonomi dan juga pada sector pendidikan dan kesehatan. Oleh karena begitu pentingnya pembangunan infrastruktur ini maka pembanguan / perencanaan menjadi kewajiban dasar dari pemerintah daerah untuk segera diwujudkan.

Selain pembangunan infrastruktur kata Bupati Hery, pertumbuhan ekonomi tidak bisa dilepaskan dari faktor produktivitas. Peningkatan produktivitas merupakan suatu prasyarat utama bagi tumbuh kembangnya perekonomian Manggarai. Dalam tataran makro pertumbuhan ekonomi sendiri merupakan akumulasi dari peningkatan produktivitas pada berbagai sektor seperti pertanian, peternakan, industri manufaktur, jasa- jasa, industri pengelolaan dan lainya.

” Oleh karena itu, kalau mau bertumbuh ekonominya, maka kita harus bisa memacu produktivitas pada sektor sektor tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut ditambahkan, dalam kaitanya dengan memacu produktivitas ini, sektor pertanian tetap harus menjadi leading sektor mengingat kontribusinya yang cukup signifikan dalam perekonomian Kabupaten Manggarai.

” Pembanguan infrastruktur dan peningkatan produktivitas ini pasti akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yan pada akhirnya bermuara pada penurunan angka kemiskinan. Kemiskinan masih menjadi isu penting yang perlu penanganan secara komprehensif,” ungkapnya.

Beliau juga menuturkan, walaupun presentasi angka kemiskinan kabupaten manggarai menurun dalam 5 tahun terakhir, akan tetapi masih bisa meningkat lagi di tahun 2021 sebagi dampak dari pandemic covid 19 ini. Oleh karena itu dibutuhkan suatu perencanaan yang lebih komprehensif dan terintegrasi guna menurunkan angka kemiskinan di kabupetn Manggarai.

Acara tersebut dihadiri unsur Forkompinda, Pimpinan DPRD, anggota DPRD, para asisten, Pimpinan OPD, Ketua tim PKK, tokoh agama, para camat, insan pers serta undangan lainya. ( pet )

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =