Pemkab Manggarai

Bupati Hery Minta ASN Proaktif Bayar Pajak

Kominfo Manggarai – Bupati Manggarai, Herybertus Nabit, SE. MA meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Manggarai proaktif membayar pajak. Pasalnya realisasi pendapatan daerah termasuk dari sektor pajak di kabupaten Manggarai saat ini masih rendah.

Hal itu disampaikan Bupati Hery pada apel mingguan yang dirangkaikan dengan Pencanangan Pelayanan Pajak Online dan Bulan ASN Sadar Pajak di halaman kantor Bupati Manggarai, Senin (28/08).

Bupati Hery mengatakan, kegiatan pencanangan ASN sadar pajak penting dilaksanakan untuk memberi kesadaran kepada para ASN agar membayar pajak. ” Kegiatan ini sebenarnya sudah sering kita laksanakan di tahun-tahun sebelumnya, namun kali ini kita harus lakukan untuk menyadarkan ASN” kata Bupati Hery.

Bupati Hery meminta ASN yang telah memiliki tanah dan rumah namun belum dikenai pajak harus proaktif melaporkan kepada petugas di kelurahan/desa atau Badan Pendapatan Daerah. Dengan demikian bisa ditetapkan dalam obyek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).  ” Jangan tunggu ada keperluan misalnya transaksi jual beli tanah baru urus. Mesti segera dilaporkan,” pinta Bupati Hery.

Bupati Hery menegaskan, ASN harus menjadi garda terdepan dalam pembayaran pajak. Pasalnya gaji ASN diperoleh dari pajak. “Kalau masyarakat diluar saja membayar pajak, mestinya kita yang mendapat gaji dari hasil pajak ini lebih proaktif membayar pajak,” kata Bupati Hery.

Bupati Hery menjelaskan, saat ini pembayaran pajak tidak lagi secara manual tetapi online. Pembayaran secara online  dilakukan untuk menghindari kontak fisik antara pembayar dan petugas pemungut. Kecuali itu dalam rangka efisiensi dalam pembayaran.  Pembayaran pajak online ini kerja sama Pemkab Manggarai dengan bank NTT.

Bupati Hery berharap melalui cara pembayaran yg baru ini bisa mempercepat peningkatan pendapatan daerah di kabupaten Manggarai. Sementara kepada OPD pengelola pendapatan agar melakukan berbagai upaya percepatan realisasi pendapatan.

Bupati Hery juga mengharapkan partisipasi ASN lingkup Pemkab Manggarai untuk turut mensosialisasikan sistem pembayaran pajak secara online kepada masyarakat. “Pencanangan hari ini bukan saja untuk kita ASN tapi mari kita menyebarluaskan ini juga kepada masyarakat melalui media-media sosial,” pinta Bupati Hery.

Sementara itu, data Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Manggarai menyebut, jumlah ASN di wilayah Kabupaten Manggarai sebanyak 5.368 orang. Hanya 981 orang atau sebesar 18,27 persen diantaranya yang telah terdaftar sebagai wajib pajak. Badan Pendapatan Daerah akan terus menggali potensi yang ada untuk diberdayakan menjadi garda terdepan dalam mewujudkan masyarakat sadar pajak.***Yoga

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.