Pemkab Manggarai

Bupati Hery Meninjau Lokasi Kebakaran di Desa Manong

Manong Kominfo- Bupati Manggarai Herybertus G.L, Nabit S.E, M.A, jumaat ( 16/09) meninjau lokasi kebakaran rumah milik warga dusun Laru Desa Manong Kecamatan Rahong Utara.

Usai tiba di desa Manong Bupati Hery Langsung menuju ke lokasi kebakaran. Bupati Hery langsung berdialog dengan warga korban kebakaran.

Selain memantau langsung lokasi kebakaran serta berdialog dengan warga, Bupati Hery juga memberikan bantuan tanggap darurat kepada korban kebakaran tersebut. Bantuan tersebut berupa, beras, makanan instan, selimut, tikar dan bantuan lainya.

Bencana kebakaran tersebut kata Bupati Hery meninggalkan sedih yang mendalam bagi para korban tapi setidaknya tetap bersyukur karna pemilik rumah tetap selamat dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“ Pemerintah hadir disini sebagai bentuk kepedulian saya terhadap warga yang terkena musibah, bantuan yang kami berikan sifatnya stimulus, atau tanggap darurat,”ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Hery  bersama anggota DPRD dari wilayah tersebut juga berjanji akan memberikan bantuan berupa seng bagi para korban kebaran rumah tersebut, sehingga rumah yang terbakar secepatnya dibangun kembali.

Kades Manong Vinsensius jebarus mengatakan, pihak desa dan warga setempat mengucapkan terimakasih kapada bupati Manggarai dan Sekda yang sudah berkenan hadir dan melihat langsung lokasi terjadinya kebakaran.

“ Ini peristiwa tidak direncanakan kita bersyukur pa Bupati datang lihat langsung kondisi rumah yang terbakar yang tinggal puing-puing, tapi saya juga minta untuk tidak terburu-buru untuk mendesak segera dibangun rumah, kita bersihkan dulu puing-puing yang ada,” ujar vinsen.

Sementara itu Kaban BPBD menjelaskan pihaknya melakukan kordinasi dengan instasi lain untuk sama-sama turun kelokasi untuk memberikan bantuan tanggap darurat. Bantuan yang disalurkan dari BPBD yakni berupa selimut, terpal, paket perlengkapan keluarga, serta makanan penambah gisi.

Semetara untuk penanganan lebih lanjut pihak BPBD mengaku nanti ada tim teknis yang melakukan verifikasi untuk melihat rumah serta ukuranya. Prinsipnya kata Kaban BPBD bantuan kepada warga terdampak bencana, bukan merupakan ganti rugi tatapi berupa stimulan. “ Yang dibantu oleh pemerintah adalah bantuan non lokal seperti seng, paku,dll, sisanya material dicari di kampung,” ungkapnya.

Tiga unit rumah yang terbakar tersebut milik Mateus Egot Dan Antonius Egor, terbakar sekitar pukul 7.00 wita jumaat  pagi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian naas tersebut, penyebab kebakaran diduga karena arus pendek.

Pihak BPBD maupun pemerintah desa setempat belum merincikan secara pasti taksasi kerugian akibat peristiwa tersebut

Hadir mendampingi Bupati Hery yakni, sekda Fansy Aldus Jahang, Pimpinan OPD, Camat Rahong utara, anggota DPRD dari dapil Rahong Utara, dan sejumlah wartawan. (pet)

.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.