Pemkab Manggarai

Bupati Hery Hadiri Pembukaan Bimtek Penguatan Jejaring Tata Kelola Destinasti Desa Wisata

Selasa, 4 April 2023, Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, S.E., M.A. menghadiri pembukaan “Bimbingan Teknis Penguatan Jejaring Tata Kelola Destinasi Desa Wisata Kabupaten Manggarai” bertempat di Desa Todo, Kecamatan Satar Mese Utara.

Dalam kegiatan ini turut hadir Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira, Direktur Utama BPOPLBF Shana Fatina, Ketua Tim Kerja Wilayah I Kemenparekraf/Baparekraf I Nyoman Wija S, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Isvridus Buntanus, Ketua HPI Manggarai Yovie Jehabut, Camat Satar Mese Utara, Kepala Desa Todo, dan 70 peserta yang terdiri dari para pegiat pariwisata di Kawasan Desa Wisata Todo.

Dalam sambutannya Bupati Manggarai menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara dan peserta sehingga acara ini dalam terlaksana. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pariwisata telah menjadi salah satu alternatif sumber pendapatan bagi masyarakat. Melalui kegiatan seperti ini dirinya berharap semakin banyak masyarakat tergerak di sektor ini. Dirinya berharap pelajaran-pelajaran yang diperoleh para peserta dapat langsung diterapkan dalam aktivitas kesehariannya.

“Saya tahu bahwa satu kali kegiatan belum tentu akan menghasilkan banyak hal. Tapi ada satu dua hal dalam kegiatan yang dapat menjadi perbaikan di kita. Akan menjadi perbaikan di aktivitas harian kita.”

Dalam jumpa pers, Andreas Hugo Pareira menyampaikan bahwa bimbingan teknis dilakukan di Kawasan Wisata Todo karena melihat potensi wisata sebagai destinasi lanjutan dari Labuan Bajo. Selain kekayaan alam dan budayanya, melalui bimbingan teknis ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelaku pariwisata. Lebih lanjut dirinya mengakui bahwa masih banyak hal yang perlu dibenahi sehingga setelah mengunjungi Labuan Bajo maupun Wae Rebo tidak lantas membuat wisatawan langsung pulang.

“Kita berharap, ke depan, perlahan-lahan bisa menjadi alternatif destinasi,” ucapnya.

Sementara Menparekraf Sandiaga Uno dalam video tapping yang ditayangkan di lokasi tersebut mengatakan bahwa, Desa Wisata yang dikelola secara profesional akan mendukung pengembangan ekonomi di desa. Untuk itu, program Desa Wisata merupakan program prioritas Kemenparekraf agar ekosistem Desa Wisata mandiri berkelanjutan dapat tercipta.

Sesuai arahan dari Presiden, ucapnya, demi memperkuat desa berbasis pariwisata desa, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan potensi-potensi lokal desa.

Dalam kunjungan itu, Bupati Manggarai bersama Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira juga melakukan tatap muka dengan para kepala sekolah di wilayah Kecamatan Satar Mese Utara.

Dalam audiensi singkat itu, Bupati Manggarai sekali lagi menyampaikan pesan agar para kepala sekolah menjadi aktor perlindungan anak, khususnya bagi para siswi di sekolahnya masing-masing. Pesannya, agar para tenaga pendidik dapat menjaga keamanan, kenyamanan, dan yang paling penting melindungi kehormatan para siswi. (*)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =