Pemkab Manggarai

Bupati Hery Hadiri Pelantikan 513 PPS se Kabupaten Manggarai


Kominfo – Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A menghadiri Pelantikan dan Pengambilan sumpah sebanyak 513 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang tersebar di 12 kecamatan di wilayah kabupaten Manggarai, bertempat di aula MCC Ruteng, Selasa 24 Januari 2023.

Pelantikan dan Pengambilan sumpah PPS yang dipimpin ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Manggarai, Thomas Aquino Hartono ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pengucapan sumpah oleh seluruh anggota PPS yang didampingi saksi rohaniwan.

Selanjutnya Ketua KPU bersama perwakilan anggota PPS dan saksi rohaniwan menandatangani Berita Acara Pelantikan dan pembacaan Pakta Integritas.

Bupati Manggarai Herybertus Nabit dalam sambutannya mengatakan, aturan-aturan yang berkaitan dengan Pilpres maupun Pilkda sudah sangat matang, dalam artian sudah banyak aturan-aturan yang tidak perlu diinterpretasikan karena sudah sangat jelas dan detail.

Untuk itu Bupati Hery meminta untuk membaca aturan-aturan yang akan menjadi tuntunan dalam menjalankan tugas ke depan “Saya kira aturan-aturan yang tegas dan jelas serta dipahami semua pihak, akan membawa kita ke dalam Pemilu yang aman dan damai,”ungkapnya.

Selain itu Bupati Hery berharap agar penguasaan aturan dan kematangan emosional dari para penyelenggara pemilu, akan membawa dan menuntun peserta pemilu pada koridor yang baik, sehingga hasil pemilu 2024, baik Pilpres, Pileg Pusat, Provinsi dan Kabupaten akan menghasilkan pemimpin dan wakil-wakil kita yang bisa mensejahterakan masyarakat ke depan.

Pemkab Manggarai kata Bupati selalu membuka diri dan membangun komunikasi yang baik terutama dengan pihak KPU “Nanti kami akan keluarkan edaran kepada para Camat dan kepala desa untuk menyediakan fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk kelancaran penyelenggaraan Pemilu,”paparnya.


Sementara itu Ketua KPU Thomas Aquino Hartono mengatakan, pelantikan hari ini menjadi proses awal tahapan pemilu serentak.

Menurut pria yang biasa disapa Tomy ini, pengambilan sumpah dan pembacaan Pakta integritas merupakan bentuk pertanggungjawaban penuh PPS kepada Tuhan dan juga kepada masyarakat Manggarai dan bangsa Indonesia “Kita juga harus berbangga unit kerja penyelenggaraan pemilu dalam hal ini konteks KPU adalah unit kerja yang paling besar untuk seluruh Indonesia.

Dijelaskan Tomy, untuk PPK di Manggarai terdapat 60 orang PPK, lalu PPS sebanyak 513 orang. Kemudian ditambah KPPS dan Linmas untuk 920 TPS.

Sementara untuk pelamar PPS kata Tomy, yakni kurang lebih sebanyak 1.400 pelamar “Animo besar ini kami pandang sebagai minat yang besar dari 12 kecamatan dan 171 desa di Manggarai. Tentunya sudah mengikuti proses yang ketat, baik tertulis dan wawancara maka didapatlah putra-putri terbaik yang dilantik hari ini,”ungkapnya.

Ia berharap para peserta setelah dilantik menyatukan tekad bersama KPU dan PPK di tingkat kecamatan untuk mengikuti instruksi, rancangan, jadwal dan tahapan yang sudah ditentukan.

Dikatakan Tomy, kerja yang akan dilaksanakan ke depan merupakan kerja kolosal “Dengan hadirnya Forkopimda dan Bawaslu, kita tidak kerja sendiri, ada Stekholder terkait, ada Pemda, Forkopimda, para camat. Masyarakat Manggarai memandang kerja kita sekarang,”paparnya.

Tomy mengatakan dalam kesepakatan di Pakta Integritas semua sudah disepakati seperti siap melaksanakan semua tahapan, menjunjung tinggi kejujuran Imparsialitas dan juga keadilan “Itu adalah prinsip-prinsip penyelenggaraan Pemilu. Sebenarnya mudah dari penyelenggaraan pemilu, yang tidak mudah apakah kita memiliki integritas, mampu menjaga independensi kita,”ujarnya.

Tomy juga berpesan agar PPS dapat menjadi garda terdepan menjaga netralitas dan Imparsialitas.
Imparsialitas yakni menjaga kedekatan yang sama dengan semua Partai Politik dan semua peserta pemilu dan tentunya menjaga jarak yang sama dengan Partai Politik. Sebagai penyelenggara pemilu dituntut memiliki aspek kognitif kemampuan membaca dan mengimplementasikan aturan dari KPU dan hirarkis “Tentunya juga memiliki Psikomotorik.Penyelenggara itu tidak boleh sakit,”pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini, Dandim 1612 Manggarai, Kapolres Manggarai, Kaban Kesbangpol, para Camat, Sekretaris dan Komisioner serta anggota KPU, Ketua Bawaslu dan anggota, anggota PPS serta insan pers. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + fifteen =