Pemkab Manggarai

Bupati Hery Hadiri HAB Kementerian Agama ke 77

Kominfo – Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke -77 Kementerian Agama Republik Indonesia, bertempat di halamam parkir Gereja Katedral Ruteng, Kamis 20/10/2022.

Tiba di gerbang Gereja, Bupati dan rombongan, diantaranya Staf Ahli Bupati Maksimus Gandur, Kadis Kominfo Heribertus Jelamu, unsur Forkopimda disambut dengan pengalungan selendang.
Selesai pengalungan, rombongan kemudian diarak menuju podium diiringi tarian Tiba Meka oleh siswa-siswi MAN Langke Rembong.

Paduan suara, Tarian Randang Lingko serta atraksi caci dari siswa-siswi SMA Ketang-Lelak menambah semarak acara yang juga dihadiri utusan dari kementerian agama kabupaten Manggarai Barat dan Manggarai Timur tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Hery juga didaulat untuk melakukan pukulan Kehormatan (Paki Ris) kepada siswa SMA Ketang – Lelak yang membawakan tarian caci.

Bupati Manggarai Herybertus Nabit dalam sambutannya mengatakan keharmonisan dan keselarasan di tanah Manggarai bukan keselarasan yang sedang mencari bentuk.

Bupati Hery menuturkan, keharmonisan antara masyarakat Manggarai, antara pemeluk agama, antara berbagai kelompok, antara manusia Manggarai dengan alam dan dengan Tuhan bukanlah hal yang baru terbentuk “Generasi kita yang ada hari ini, tinggal melanjutkan dan menguatkan. Sekiranya pada beberapa titik ada yang tertulis merajut kembali, itu merupakan tugas penting yang ada pada generasi kita,”ungkapnya.

Bupati Hery berharap, kegiatan hari amal bhakti ini, juga dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang terjadi sebagai akibat dari perubahan iklim dan cuaca yang ditandai oleh terlalu cepatnya curah hujan yang tinggi di seluruh wilayah kabupaten Manggarai “Bicara Manggarai Raya tentunya memiliki kondisi alam yang hampir sama, yang rentan terhadap perubahan iklim seperti banjir, tanah longsor, tanah bergerak dan lainnya,”ujarnya.

Selain itu Bupati juga berharap hari amal bhakti ini juga dapat mewujudkan keselarasan dengan alam, mitigasi bencana, penanganan bencana, sehingga pada tanggal 3 Januari 2023 sebagai puncak hari amal bhakti kementerian agama, kita dapat berdiri lagi seperti ini dan akan mengatakan bahwa keselarasan dengan alam adalah buah dari hari amal bhakti tahun 2023 “Kami menaruh rasa hormat dan apresiasi untuk seluruh pihak yang ada di dalam Kementerian Agama Republik Indonesia, yang menginisiasi kegiatan ini.”ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPP Kementerian Agama Provinsi NTT, kepala kantor agama kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur, Vikjen Keuskupan Ruteng, ketua MUI Manggarai, Pastor Paroki Katedral, para pegawai kementerian agama dari kabupaten Manggarai , Manggarai Barat dan Manggarai Timur, biarawan/biarawati , insan pers serta undangan lainnya.

Pelepasan burung merpati dan balon ke udara bersama oleh Bupati, ketua DPP Kementerian agama Provinsi NTT, Vikjen Keuskupan Ruteng, kepala kantor agama dari 3 Manggarai Raya, menandai dibukanya kegiatan Hari Amal Bhakti ke 77 kementerian agama tahun 2022 ini. (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =