Pemkab Manggarai

Bupati Hery Buka Lomba Cerdas Cermat STBM-MKM

Kominfo Manggarai – Bupati Manggarai, Herybertus G.L Nabit, SE.MA membuka secara resmi kegiatan lomba cerdas cermat tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan Manajemen Kesehatan Menstruasi tahun 2022 di Kabupaten Manggarai. Lomba tingkat SD dan SMP yang diselenggarakan Yayasan Plan Internasional Indonesia (YPII) ini berlangsung di Lapangan Motang Rua, Ruteng, Jumat (10/06).

Turut hadir Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, SH, Sekda Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus, Ketua TP PKK, Meldyanti Hagur Nabit, sejumlah kepala OPD, para guru pendamping peserta lomba dan undangan lainnya.Bupati Hery dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak termasuk organisasi atau lembaga yang ikut membantu pemerintah memajukan pembangunan di Manggarai. “Kita bersyukur dan berterima kasih karena ada banyak pihak, organaisasi yang mengurusi hal-hal yang tidak sempat diurus pemerintah, “ ucap Bupati Hery.Terkait menstruasi menurut Bupati Hery, di kalangan birokrasi perlu juga mendapat edukasi tentang menstruasi. Hal ini berkaitan dengan kebijakan-kebijakan yang harus dilakukan ke depan. Bupati Hery sepakat menstruasi bukan hal yang tabu untuk dibicarakan. Pihak keluarga atau orag tua dan lembaga pendidikan perlu memberikan edukasi yang baik kepada anak-anak tentang menstruasi.Menurut Bupati Hery, hingga kini masih banyak orang yang belum memahami tentang menstruasi pada kaum perempuan. Hal itu terbukti dari masih adanya kebiasaan di kalangan remaja yang membully atau mengejek remaja putri yang sedang menstruasi.

“Melalui kegiatan-kegiatan seperti hari inilah kita mengkampanyekan menstruasi bukan tabu kepada semua kalangan sehingga makin banyak yang mengetahui informasi berkaitan dengan mentruasi, “ kata Bupati HeryBupati Hery menegaskan, Pemkab Manggarai juga akan selalu meberikan dukungan terutama dari sisi kebersihan. Bupati Hery meminta Dinas PPO Kabupaten Manggarai untuk memastikan ketersediaan fasilitas kebersihan di lingkungan sekolah-sekolah SD dan SMP. Fasilitas dimaksud yakni toilet yang terpisah antara siswa dan siswi serta menjamin ketersediaan air bersih. “ Meski bukan tahun ini, entah tahun depan kita mesti memastikan ketersediaan toilet dan air bersih ini di setiap sekolah,” tegas Bupati Hery.Sementara Provincial Coordinator NTT Project Water for Woman dari YPII, Juliani F. Talan dalam sambutannya mengatakan lomba cerdas cermat ini bertujuan mendorong dan mempromosikan program STBM-MKM Sekolah. Kecuali itu juga dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi Se-Dunia tahun 2022.Peserta lomba berasal dari 12 sekolah dampingan YPII yang terdiri dari 7 SD dan 5 SMP. Sedangkan tim juri berasal dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Badan Perlindungan Anak. Dalam lomba cerdas cermat ini untuk tingkat SD, SDI Lenda berhasil meraih juara satu. Juara 2 SDI Iteng 1 dan juara 3 diraih SDK Wae Peca Ting. Semenetara juara satu tingkat SMP diraih SMP Satap Lemarang. SMP Ndiwar juara dua dan juara 3 SMPN 1 Cancar. Masing-masing sekolah yang menjadi juara mendapatkan piala, piagam penghargaan dan hadiah uang tunai.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published.