Pemkab Manggarai

Bupati Hery Buka Kegiatan Sosialisasi MPIG Dan Pembentukan Kelompok MPIG Tenun Tradisional Kabupaten Manggarai

Ruteng, Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit S.E., MA, membuka kegiatan Sosialisasi Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG ) dan Pembentukan Kelompok MPIG Tenun Tradisional Kabupaten Manggarai, selasa ( 31/08/2021 ) bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai. Acara tersebut dihadiri Kanwil Kemenkumham NTT, Dekranasda Propinsi NTT, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Dekranasda Manggarai Meldyanti Hagur Marcelina, Wakil Ketua Dekranasda Manggarai Florentina G. Ngabut, serta pegiat tenun dari 8 Kecamatan di Kabupaten Manggarai, dan utusan dari Dinas Prindagkop.

Dalam sambutanya Bupati Hery mengatakan Selain tenun tradisional sudah ada saat ini MPIG kopi Manggarai. “ Bagaimana langkah- langkah lanjutan soal MPIG kopi Manggarai termasuk tenun tradisional ini, masih perlu duduk bersama lagi, dan yang paling penting bagi kami adalah jangan ada monopoli. Kalau berbagai kegiatan mengarah kepada monopoli itu saya tolak,” ujarnya.

Beliau menambahkan, yang paling penting saat ini adalah bagaimana merek kita terlindungi secara hukum. Bicara tentang tenun kata Bupati Hery ada dampak kedepan maupun dampak kebelakang. ”Dampak kebelakang itu, kita melestarikan warisan orang Manggarai, itu tugas yang sangat penting. Kemudian dampak kedepanya adalah supaya kita punya anak- anak generasi penerus tau dirinya bahwa dia orang Manggarai, supaya mencintai warisan nenek moyangnya, ” tandasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, lewat tenun kita bisa bertemu dan berdiskusi dengan banyak orang, dan lewat tenun pula kita bisa belajar sejarah. Cuma persoalanya jelas Dia, di Manggarai ini kebanyakan sejarah lisan.

“ Lewat tenunan dengan motif berbagai macam, baik lipa Todo, Cibal, Ruis dan motif lainya  kita belajar dan mengenali sejarah. Tenunan itu menggambarkan siapa kami, dimana kami tinggal,”ungkapnya.

Sementara itu pihak panitia menjelaskan, kegiatan tersebut digelar dengan maksud sebagai sarana untuk mensosialisasikan indikasi geografis dan pembentukan MPIG tenun tradisional. Kegiatan itu juga bertujuan untuk memberikan perlindungan motif tenun tradisional Kabupaten Manggarai agar tidak ditiru atau diklaim oleh pihak lain.( pet)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.