Pemkab Manggarai

Bupati Hery Buka Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tahun 2025

Kominfo- Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Rencana Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, bertempat di aula Ranaka kantor Bupati Manggarai, Selasa 20 februari 2024.

Kegiatan dengan tema : Pemantapan Pembangunan Berwawasan Lingkungan ini dihadiriStaf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan OPD, para kepala bagian, tokoh masyarakat, tokoh agama, pelaku UMKM, akademisi, LSM, pegiat budaya serta ASN lingkup Pemkab Manggarai.

Bupati Hery menuturkan forum konsultasi publik merupakan wadah musyawarah bagi pemangku kepentingan dalam melihat dan menghimpun aspirasi ‘’Itu berarti ada banyak hal yang akan disampaikan, banyak hal yang akan menjadi masukan yang membutuhkan keterbukaan dari pihak pemerintah. Keterbukaan menjadi penting karena, ada pihak lain juga yang diundang di luar pemerintah, maka tentu masukan yang diberikan harus bisa ditampung dan didiskusikan bersama,’’ujarnya.

Bupati Hery juga mengingatkan beberapa isu strategis yang berkaitan dengan perencanaan sejak penyusunan dan pengesahan RPJMD,RKPD dan APBD, yakni pertama,masih terbatasnya SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Kedua, belum optimalnya pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada belum meratanya kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan. Ketiga, masih rendahnya tingkat kesejahteraan sosial. Keempat, infrastruktur dasar yang belum terpenuhi dengan baik. Kelima, belum optimalnya  kualitas lingkungan hidup dan Keenam kualitas tata kelola pemerintahan yang belum memadai.

Berkaitan dengan isu strategis di atas, Bupati Hery juga kembali mengingatkan tahun 2025 merupakan tahun keempat bagi pemerintah kabupaten Manggarai dalam pencapaian Visi Manggarai yang maju adil dan berdaya saing. ‘’Sejak tahun 2021 hingga 2024 kita sepakat pada penajaman-penajaman dengan tema-tema tertentudan pada tahun 2025 saya kira kita sepakat bahwa tema kita akan masuk kepada isu lingkungan hidup,’’ungkapnya.

Dikatakan, khusus untuk isu lingkungan hidup sendiri apa yang sebenarnya harus kita lakukan ‘’Kalau sekedar wawasan kita bisa bicara tentang infrastruktur yang berwawasan lingkungan, ekonomi yang berwawasan lingkungan, tapi saya ingin masuk kepada menggali berkaitan dengan isu lingkungan hidup ,apa yang akan kita rencanakan ke depan,’’katanya.

Bupati Hery menambahkan, sejak tahun lalu meski baru disepakati, kabupaten Manggarai memiliki kerja sama tentang penanganan iklim ini dengan kabupaten Manggarai barat dan Manggarai Timur ‘’ Mudah-mudahan di rancangan awal ini juga akan disertakan langkah-langkah konkrit penanganan perubahan ikliom di tiga Manggarai. Kita tahu iklim ini sesuatu yang luas sifatnya,’’paparnya.

 ‘’Kita tentu memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, masukan dan saran secara optimal hendaknya disampaikan dalam forum ini secara terbuka. Keterbukaan menjadi kunci dalam forum-forum seperti ini yang melibatkan banyak pihak,’’pungkasnya.

Panitia kegiatan dalam laporannya menjelaskan,  penyusunan rancangan awal RKPD kabupaten Manggarai tahun 2025 ini didasari pada beberapa isu strategis dan tantangan yang akan dihadapi serta akan mewujudkan Visi pembangunan kabupaten Manggarai yang tertuang dalam RPJMD 2021-2016 yakni Manggarai yang Maju, Adil dan Berdaya Saing.

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stekholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pengawasan dan pelaksanaan serta bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan RAPBD.

Sementara dijelaskan, maksud dari kegitan forum ini, mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah tahun 2025 dan selanjutnya akan disempurnakan berdasarkan kesepakatan forum konsultasi publik ini.

Sementara tujuannya, mendapatkan kesepakatan tentang prioritas dan sasaran pembangunan dan hasil analisis permasalhan serta isu strategis yang akan dituangkan dalam berita acara kesepakatan forum konsultasi publik sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan awal RKPD  kabupaten Manggarai tahun 2025. ** 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =