Pemkab Manggarai

Bupati Hery Berharap Seminar Kejaksaan Yang Dihadiri Para Kepala Desa, Bisa Memberikan Manfaat Dalam Pengelolaan Keuangan Pemerintah Desa

Kominfo-Setelah hari pertama Seminar yang diadakan Kejaksaan Negeri Manggarai menghadirkan para kepala SD dan SMP dari kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur, di hari kedua Seminar juga menghadirkan para Camat dan Kepala Desa dari dua kabupaten tersebut.

Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A juga hadir dalam Seminar dengan tema ‘’Perananan Kejaksaan Dalam Penanganan Perkara Yang Berkaitan Dengan Keuangan Negara, berlangsung di Aula Asumpta Paroki Katedral Ruteng, Rabu 18 Juli 2023

“Atas nama pemerintah daerah kami ucapkan selamat mengikuti Seminar ini, semoga Seminar ini akan memberikan dampak dan manfaat dalam pengelolaan keuangan pemerintahan di desa kita masing-masing,’ungkap Bupati Hery dihadapan para kepala desa.

Bupati Heryberus Nabit menyampaikan terimakasih kepada pihak kejaksaan yang sudah melakukan perubahan-perubahan, membukakan pintu untuk mengundang kita semua, lalu memberikan informasi, berbicara dan memberikan kita kesempatan untuk bertanya mengenai tema seminar ini “penting bertanya tapi penting juga mendengar jawabannya. Kita bertanya yang baik sekali, tapi kalau kita tidak mengerti orang punya jawaban, tidak ada gunanya,”ujar Bupati Hery.

Bupati Hery meyakini para peserta yang hadir memiliki niat baik. Ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai aturan -aturan itulah yang harus disesuaikan.

Dikatakan Bupati Hery, yang paling penting dari pengelolaan keuangan meski tidak ada hubungan langsung dengan administrasi keuangan tetapi soliditas di dalam aparatur itu sendiri mulai dari kepala desa hingga segenap perangkat desa “solid itu menandakan ada kerja sama, saling memahami dan solid juga menandakan ada toleransi,”ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga meminta perhatian para kepala desa dan Camat terutama di kabupaten Manggarai untuk memperhatikan persoalan kemiskinan, kemiskinan ekstrim dan masalah Stunting “Di bawah pemerintahan sekarang ada banyak hal yang menjadi penekanan, terutama tiga hal tadi.Saya minta perhatian para kepala desa dan Camat untuk serius perhatikan hal ini,”ucapnya.

Bupati mengatakan , terkait Stunting pada bulan Agustus mendatang akan dilakukan pengukuran kedua untuk Stunting “ini juga saya minta Bapak dan Ibu kepala desa untuk memonitor dan ikut serta langsung dalam pengukuran di Posyandu masing-masing. Pastikan semua bayi yang bisa diukur, itu bisa diukur,”paparnya.

“Atas nama pemerintah daerah kami ucapkan selamat mengikuti Seminar ini, semoga Seminar ini akan memberikan dampak dan manfaat dalam pengelolaan keuangan pemerintahan di desa kita masing-masing,”pungkasnya.

Di saat yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Manggarai Bayu Sugiri,SH mengatakan, sesuai penegasan Jaksa Agung bahwa tidak ada kriminalisasi terhadap seluruh kepala desa “tapi dengan syarat tidak ada mensrea artinya orang ini tidak dengan sengaja dan tidak memiliki keinsafan dan kehendak untuk menyelewengkan uang negara,”ungkapnya.

“Tapi kalau misalkan dengan secara nyata dan terang, ada indikasi mensrea tadi, adanya kesengajaan, ada keinsafan, ini yang tidak bisa ditolerir pasti diproses,”sambungnya.

Kajari menuturkan, harapan Jaksa Agung ada penelitian terlebih dahulu melihat kontuksi kasusnya, apabila sebuah kasus dugaan terjadi, sepanjang indikatornya terjadi kesalahan administrasi dan sepanjang itu bisa dibenahi tentu itu menjadi tanggung jawab Inspektorat daerah.

Dijelaskan Kajari Bayu Sugiri, kegiatan Seminar ini menjadi sebuah wadah edukasi menjangkau maksud dan fungsi dana desa sebagai bagian dari dana transfer ke daerah dengan tujuan mendukung pendanaan pelaksanaan pembangunan di desa.

Forum ini kata Kajari, sebagai ajang silaturahmi dan diharapkan menjadi semangat dan spirit untuk memiliki kehendak bersama untuk menyelenggarakan pemerintahan dari level pemerintahan daerah sampai desa yang bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme “Bicara uang negara tentu harus ada komitmen dan konsisten dalam  penggunaannya,”ungkap Kajari.

Turut hadir dalam kegiatan ini , Sekretaris daerah Manggarai Timur Ir. Boni Hasudungan, Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh, Dandim 1612 Manggarai Letkol Arh. Drian Priyambodo Kabag Ops Polres Manggarai Timur AKP Frans Medor, Ketua DPRD Manggarai Matias Masir, S.pd, ketua DPRD Manggarai Timur Agustinus Tangkur, S.ap, Kadis PMD Manggarai dan Manggarai Timur, para kepala desa di Manggarai dan Manggarai Timur serta insan pers.  **  

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =