Pemkab Manggarai

Bupati Hery Apresiasi Peduli Kasih Bank NTT Cabang Ruteng

Kominfo- Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A mengapresiasi kepedulian Bank NTT Cabang Ruteng terhadap persoalan stunting di kabupaten Manggarai, dengan menyalurkan bantuan peduli kasih kepada warga langgo kelurahan Carep kecamatan Langke Rembong, Kamis 21 Desember 2023.

Hadir saat acara ini sejumlah pimpinan perangkat daerah, diantaranya Kadis Kesehatan drg.Bartolomeus Hermopan, Kadis Kominfo Heribertus Jelamu, Kabag Umum Aris Beka, Camat Langke Rembong Emilianus Ndahur, Camat Wae R’ii, para kepala Puskesmas, lurah Carep serta staf di kelurahan Carep.

Bantuan yang disalurkan berupa susu,telur,biskuit dan vitamin‘’Terima kasih kepada Bank NTT cabang Ruteng, semua pihak, baik yang berada di luar pemerintahan maupun di dalam pemerintahan yang dengan caranya masing-masing menangani anak-anak balita yang terkena stunting,’’ungkapnya.

‘’Yang utama juga terima kasih kepada ibu-ibu yang mengurus anak-anak. Tidak ada guna kalau pemerintah urus stunting, tapi yang di rumah tidak mengurus anak-anak dengan baik. Saya yakin kalau ibu-ibu yang mengurus dalam rumah itu jauh lebih serius dan sungguh-sungguh dengan perhatian orang-orang diluar,’’sambungnya.

Pemerintah daerah kata Bupati Hery terus memikirkan apabila ada kenaikan stunting anak-anak di Manggarai dan disamping itu terus berupaya agar stunting juga terus mengalami penurunan dari bulan ke bulan ‘’Dalam setahun dua kali timbang, yakni bulan Februari dan Agustus. Kalau bagus di Februari, kita berharap di bulan Agustus tidak ada penambahan. Tapi kalau di bulan Agustus ada penambahan stunting, pemerintah pasti berpikir keras di bulan september hingga november untuk mencari persoalannya dimana,’’terangnya.

Bupati Hery mengutarakan,karena bicara soal keterlibatan, soal anggaran sudah dilakukan dengan maksimal, namun kenapa stunting masih mengalami kenaikan ‘’Apabila bulan Agustus turun itu stunting berarti kerja semua pihak yang mengurus stunting ini sudah tepat,termasuk orang tua dari anak-anak yang mengalami stunting’’jelasnya.

‘’Tentu harapan kami sebagai pemerintah, kerja sama akan terus dibangun. Bantuan bukan soal besar atau kecil,tetapi bagaimana bantuan kita bernilai di mata orang-orang yang menerima,’’pungkasnya.

Kepala Bank NTT Cabang Ruteng Romi Radjalangu, pada kesempatan tersebut mengatakan, bantuan ini merupakan program Bank NTT khusus untuk menangani stunting ‘’Meski Bank NTT  bersama pemerintah daerah sudah sering memberikan bantuan untuk mengatasi stunting, namun bantuan hari ini juga tepat untuk menyambut hari Natal ’’ujarnya.

Bank NTT lanjutnya,tidak hanya melayani keuangan tetapi juga peduli kepada masyarakat terutama di bidang kesehatan ‘’Kita tahu bersama, stunting merupakan gangguan tumbuh kembang pada anak balita dan merupakan musuh kita bersama,’’paparnya.

Ia menjelaskan ,bantuan ini diberikan kepada 200 penerima manfaat yang tersebar di beberapa Puskesmas. Selain bantuan kasih untuk mencegah stunting, Bank NTT juga lanjut Dia, memberikan bantuan bibit hortikultura kepada Paroki-paroki ‘’Harapan  kita ini menjadi langkah awal, bahwa pemenuhan gizi itu tidak perlu jauh-jauh. Bisa dimulai di halaman atau pekarangan rumah kita sendiri melalui tanaman hortikultura yang memiliki gizi tinggi,’’katanya.

Dirinya berharap dengan bantuan kasih ini, selain bisa membantu menurunkan angka stunting juga sedini mungkin mencegah stunting ‘’Mungkin sementara bantuan ini sifatnya penanganan, tapi pengendalian kita pikirkan bersama-sama. Itu bisa dilakukan terutama dimulai dari keluarga masing-masing,’’katanya.

Usai menghadiri acara penyerahan bantuan, Bupati Hery bersama rombongan memantau pekerjaan Pokmas jalan setapak dan drainase di kelurahan Compang Carep, pekerjaan setapak berupa pembuatan drainase dan spal di natas gendang Laci Ratung kelurahan Laci Carep, penataan natas dan setapak di kelurahan carep serta pekerjaan setapak di wilayah kelurahan Poco Mal.   **

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =