Pemkab Manggarai

Bupati Hery Apresiasi Kontribusi TNI Dalam Pembangunan Di Manggarai

Kominfo Manggarai – Bupati Manggarai, Herybertus G.L. Nabit, SE.MA mengapresiasi peran serta TNI dalam pembangunan di Kabupaten Manggarai selama ini. Hal itu disampaikan Bupati Hery saat acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar Kodim 1612 Manggarai di MCC Ruteng, Rabu (05/10). Kegiatan ini dirangkaikan acara perpisahan dengan Dandim 1612 Manggarai, Letokol Inf. Mohammad Faisal Toar yang dimutasi ke Mabes TNI di Jakarta.

Bupati Hery mengatakan, TNI sebagai institusi terdepan dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI. Namun TNI juga telah memberikan andil yang besar dalam pembangunan bangsa termasuk di Kabupaten Manggarai.

Menurut Bupati Hery, selama beberapa tahun terakhir, bangsa Indonesia termasuk Manggarai dilanda berbagai persoalan dan krisis. Namun persoalan-persoalan itu bisa diatasi berkat adanya kerja sama yang baik antar semua pihak termasuk TNI. Bupati Hery menyebut, keterlibatan TNI melalui Kodim 1612 di Kabupaten Manggarai selama ini diantaranya dalam penanganan pandemi Covid-19. TNI dengan berbagai cara membantu pemerintah daerah menangani Covid 19. “Penanganan Covid 19 sejak tahun 2020 sampai 2022 tidak akan berjalan lancar tanpa keterlibatan semua pihak termasuk TNI dalam hal ini Kodim 1612 Manggarai,” ujarnya.

Kecuali itu ungkapnya, TNI juga selama ini selalu berpartisipasi aktif dalam penanganan stunting di Kabupaten Manggarai. Sejak Februari 2022 sampai Agustus 2022, stunting di Manggarai mengalami penurunan sebesar 3,9 Persen. “Ini juga tidak terlepas dari kerja kolaborasi dengan semua pihak termasuk TNI. Saya harus berterima kasih kepada Kodim 1612 Manggarai yang telah bergerak bersama dalam penanganan stunting ini,” ungkapnya.

Bupati Hery juga menyebut, keterlibatan TNI dalam pembangunan di bidang pertanian yakni dengan memberikan bantuan pompa hydrant bagi para petani. Keberadaan pompa hydrant ini sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan air bagi warga. “Kita berharap bahwa fasilitas yang sudah dibangun ini bisa dipelihara dengan baik,” pintanya.

Lebih lanjut Bupati Hery menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kodim 1612 Manggarai dan Persit Kartika Candra Kirana Manggarai atas partisipasi dan kerja sama dalam membangun Manggarai selama ini. Dia berharap, Kodim 1612 Manggarai dibawah kepemimpinan Dandim yang baru nanti bisa terus menjalin kerja sama yang baik demi kemajuan Manggarai ke depan.

Sementara Letokol Inf. Mohammad Faisal Toar dalam sambutannya mengungkapkan, dirinya merasa senang bisa bertugas di Kodim 1612 Manggarai meski hanya sekira 8 bulan. “Saya senang bisa diterima secara hangat oleh pemerintah dan masyarakat sejak bertugas pada Januari lalu,” ungkapnya.

Menurutnya, citra positif dan keberhasilan pelaksanaan tugas TNI khusunya di jajaran Kodim 1612 Manggarai selama ini berkat adanya dukungan dan kolaborasi dengan berbagai unsur baik pemerintah maupun masyarakat.

Dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Manggarai atas dukungan dalam pelaksanaan tugas selama berada di Kodim 1612 Manggarai. ” Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada unsur Forkompinda, organisasi pemerintah, tokoh adat, tokoh masyarakat dan setiap lembaga yang telah mendukung kegiatan-kegiatan kami di Kodim 1612 Manggarai selama ini,” tutupnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Manggarai, Herybertus G.L.Nabit, SE. MA didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai, Ny. Meldyanti Hagur Marcelina menyerahkan cendra mata dari Pemkab Manggarai kepada Letokol Inf. Mohammad Faisal Toar dan Ibu.

Turut hadir unsur Forkompinda, para kepala OPD lingkup Pemkab Manggarai, jajaran Kodim 1612 Manggarai serta anggota Persit Cabang Kodim 1612 Manggarai. *** Yoga

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 16 =