Pemkab Manggarai

Bupati Heri Nabit Rapat Perdana Dengan Gugus Tugas Penanganan Covid 19

Ruteng, Bupati Manggarai Heribertus G.L. Nabit S.E., M.A  melakukan rapat perdana dengan Satuan Gugus Tugas penaganan covid 19 Kabupaten Manggarai Rabu (03/03/2021) bertempat di aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai.

Hadir dalam rapat tersebut yakni Wakil Bupati Heribertus Ngabut S.H., para asisten, Unsur Forkopimda, Ketua IDI dr. Ronal Susilo, ketua Sekertariat Gugus Tugas serta para kepala Bidang.

Dalam arahan singkatnya Bupati Heri Nabit mengapresiasi kinerja Satgas Covid 19 dalam menangani laju penyebaran covid 19 di Manggarai selama satu tahun terakir. Soal pasien yang terkonfirmasi yang sedang melakukan karantina mandiri maupun terpusat agar diperhatikan dengan baik. Di Stadion  Golo Dukal misalnya kata dia meskipun sudah ditangani dengan baik namun harus dibuat semacam roster apa saja kegiatan dari pagi sampe sore hari bagi yang sedang karantina, supaya tidak jenuh, dan tambah stres. “Mereka yang karantina tidak boleh stres, jadi harus dibuat roster untuk kegiatan mereka sehingga tidak jenuh, selama ini saya liat sudah ditangani dengan baik meskipun masih ada keluhan sedikit tapi itu relatif,” ujarnya.

Sementara bagi yang melakukan karantina mandiri di rumah kata dia, selama ini sudah berjalan baik dan normal terutama yang berada di kota Ruteng. Dimana para petugas medis kerap melakukan pemeriksaan rutin dari rumah ke rumah. Namun yang mesti dipikirkan bersama ke depan soal bantuan makanan, dan obat obatan yang memadai, “mungkin tidak tanggung sepenuhnya, tapi harus dipikirkan juga soal makanan bagi mereka selain obat-obatan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama beliau juga meminta kepada Gugus Tugas Covid 19, untuk menyampaikan segala bentuk kendala dan persoalan yang dihadapi selama ini dalam menangani covid 19, sehingga bisa diputuskan dan ditangani dengan baik kedepan. “Hari ini kita melakukan evaluasi, artinya yang baik kita omong, yang burukpun juga kita bahas, karena sebaik apapun yang sudah kita buat tetap saja kurang dimata publik,” terangnya.

Sementara itu wakil ketua Sekertariat Teo Taram di hadapan Bupati dan peserta rapat memaparkan kondisi dan perkembangan covid 19 dalam monitor harian  di Manggarai sejak bulan Februari. Tercatat tanggal 7 Februari total kasus suspek 1268, lalu mengalami kenaikan menjadi 1472 kasus pada tanggal 20 Februari dan terus naik lagi menjadi 1553 kasus, dan pada tanggal 1 maret total kasus menjadi 1584. Sementara yang sembuh sebanyak 122 orang dan meninggal 10 kasus, sedang di rawat tinggal 17 orang. “Dari angka itu  saat ini yang sedang melakukan isolasi mandiri tinggal 300 orang. Sementara  isolasi terpusat di Stadion Golo Dukal saat ini kosong,” ungkap Taram. (petrik)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *