Pemkab Manggarai

Bupati Heri Nabit: “ Covid 19 dan Ketahanan Ekonomi Menjadi Prioritas Kedepan “

Ruteng – Kominfo, Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit S.E., M.A, mengatakan tantangan daerah ini kedepan adalah masalah ekonomi dan covid 19. Beliau mengatakan hal itu pada acara serah terima jabatan bupati, dari PLH Bupati Drs. Jahang Fansi Aldus kepada  Bupati Herybertus G.L. Nabit S.E., M.A, bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai Senin ( 01/03/2021 ).

Acara tersebut dihadiri oleh unsur Forkompinda, Sekda Drs. Jahang Fansi Aldus, para Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, Para Kabag, Ketua Dharma Wanita, insan pers dan undangan lainya.

Untuk menangani covid 19 kata Nabit tidak hanya bertumpu pada Satgas Covid 19, tapi juga butuh keterlibatan dan kerja sama yang baik dari masyarakat. ”Proses vaksinasi akan berlangsung tahun ini, semoga berjalan lancar. Besok saya minta lakukan pertemuan dengan satgas penangan covid 19 untuk mengetahui kebutuhan kebutuhan kita, lalu kita sepakati kebijakan kebijakan yang kita lakukan kedepan,“ ujarnya.

Dikatakan, arahan dari pemerintah pusat memang sebanyak 8% dari DAU untuk penanganan covid 19, namun berdasarkan kebutuhan kita jika harus dilakukan rasionalisasi anggaran akan lakukan demi kebaikan bersama. ”Saya juga memberikan apresiasi kepada satgas penangan covid 19 atas peranya selama ini untuk menangani covid 19, juga untuk masyarakat Manggarai yang sudah mengikuti protokol kesehatan,” ungkapnya.

Terkait ketahanan ekonomi Dia menjelaskan, kita saat ini memasuki periode kriris ekonomi. Hal itu ditandai dengan menurunya daya beli masyarakat akibat covid 19. Namun meski dilanda krisis dan wabah covid 19, hal itu tidak berpengaruh pada sektor pertanian. ” Sektor pertanian itu tetap tahan terhadap krisis “ ujarnya.

Dia menambahkan, hal lain yang menjadi perhatian pemerintah kedepan adalah soal pendapatan daerah. Langkah awal adalah dengan optimalisasi aset daerah. “Kita diskusi dulu sebelum aset aset itu disewakan, pasar juga akan kita optimalisasikan ke depan. Bukan rahasia lagi kalau selama ini banyak stand di pasar yang disewakan lagi kepada orang lain dengan harga yang lebih mahal, itu harus kita tertibkan kedepan,” tegasnya.

Sementara itu Sekda Drs. Jahang Fansi Aldus dalam sambutan singkatnya  menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerja samanya selama beliau menjabat sebagai PLH Bupati Manggarai selama ini.

Selama menjalankan tugas rutin kepemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan selama dua belas hari jelas Jahang, tidak terjadi hal- hal yang tidak diharapkan. ( pet ).

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *