Pemkab Manggarai

Bupati Deno Minta Warga Kota Ruteng Jaga Air dan Kebersihan

RUTENG – Bupati Manggarai, DR.Deno Kamelus, SH.MH meminta warga kota Ruteng untuk menjaga instalasi air minum bersih . Warga juga diajak untuk pro aktif menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

Permintaan itu disampaikan Bupati Deno saat berkantor di Kelurahan Compang Carep dan Kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong,Rabu (10/05). Program berkantor di kelurahan ini dilaksanakan untuk merespons permintaan masyarakat khususnya di kecamatan Langke Rembong. Hadir saat itu para assisten Sekda, Pimpinan OPD lingkup Pemkab Manggarai, Camat Lengke Rembong, para lurah sekecamatan Langke Rembong dan  warga di dua kelurahan.

Bupati Deno mengatakan, air merupakan salah satu kebutuhan mendasar yang harus diperhatikan oleh pemerintah.  Kebutuhan air minum untuk setiap warga di kecamatan Langke Rembong saat ini mencapai 60 liter perhari. Di sisi lain jumlah penduduk kecamatan ini mencapai 72. 736 jiwa. Dengan demikian kebutuhan air minum per harinya sebanyak 4. 365.900 liter atau setara dengan 873 tangki air per hari.

Menurut Bupati Deno, dari data yang ada setiap tahun jumlah penduduk kota Ruteng terus bertambah. Peningkatan jumlah penduduk ini mencapai 2 ribu orang per tahun atau bertambah 6 orang per hari. Seiring dengan itu dibutuhkan tambahan air sebanyak 360 liter per hari.

Bupati Deno khawatir jika pertumbuhan penduduk ini tidak seimbang dengan upaya penyediaan air yang memadahi  maka warga kota Ruteng akan mengalami kesulitan air bersih. Karena itu, pemerintah bersama PDAM Tirta Komodo terus berupaya mengatasi masalah itu dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber-sumber mata air yang ada di wilayah ini.

Bupati Deno meminta warga kota Ruteng agar menjaga dengan baik sarana air minum bersih yang sudah tersedia. Sebab, hingga kini di sejumlah titik masih ditemukan instalasi air yang bocor. Kecuali itu, air yang selama ini dikelola sendiri oleh masyarakat agar diserahkan pengelolaannya oleh PDAM sehingga lebih efektif.

Pada saat yang sama Bupati Deno juga mengajak semua warga kota Ruteng agar selalu menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. Hal ini amat penting untuk menjadikan kota Ruteng sebagai tempat yang nyaman bagi semua orang termasuk  yang berkunjung ke kota ini.

Menurut Bupati Deno, kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama semua stake holder termasuk masyarakat. Kebersihan kota Ruteng sangat bergantung pada prilaku semua warga kota ini. Karena itu mulai 2018, pihaknya akan mengintensifkan lomba kebersihan mulai tingkat RT/RW hingga instansi tingkat kabupaten.

Pada kesempatan itu Bupati Deno berdialog dengan warga Kelurahan Compang Carep dan Karot. Bupati Deno bersama rombongan juga sempat mengunjungi sejumlah rumah tidak layak huni dan menyambangi lansia untuk melakukan verifikasi langsung. Dirinya berjanji akan memberikan bantuan melalui program percepatan pengentasan kemiskinan di Manggarai. (Yoga)

SAMBANGI LANSIA : Bupati Manggarai, DR.Deno Kamelus, SH.MH menyambangi seorang lansia yang juga janda di Kelurahan Compang Carep, Kecamatan Langke Rembong. Bupati Deno saat itu menyerahkan bantuan beras kepada lansia ini. Foto : Yoga

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.