Pemkab Manggarai

Bupati Deno Kamelus ; Kerja-Kerja Yang Dilaksanakan Harus Ada Komando,Koordinasi dan Konsultasi

Ruteng – Bertempat di Dusun Pahar Desa Gelong Kecamatan Lelak kabupaten Manggarai,Bupati Manggarai Dr.Deno Kamelus,SH,MH meresmikan Kantor Desa Gelong, Jumat (21/9/2018).

Diterima secara adat Tuak Curu oleh Tokoh adat setempat, Bupati Manggarai didampingi Pimpinan OPD diantaranya; Kadis Kesehatan dr.Yulianus Weng,M.Kes, Kadis PU & PR Adi Empang,S.Sos, Kadis Kominfo Drs.Silvanus Hadir,MMA, Kadis Penanaman Modal, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Drs.Isfridus Buntanus, Staf Ahli Bupati bidang Hukum Saldi Sahadun,ST,MT, Perwira seksi personalia Kodim 1612 Manggarai Kapten Inf.Simon Halek, Anggota DPRD daerah pemilihan Ruteng-Lelak Petrus Kanisius Erom, Camat Lelak Drs.Yan Senaru, serta para Kepala Desa se Kecamatan Lelak.

Rombongan kemudian diarak oleh grup ronda menuju kantor Desa gelong untuk mengikuti penerimaan adat Manuk Kapu diiringi tepuk tangan dan yel-yel dari siswa SDK Pahar Gelong menyambut orang nomor satu di Manggarai tersebut.

penerimaan adat Manuk kapu disaksikan juga oleh Tokoh Masyarakat, Ketua BPD dan anggota, Perangkat Desa, Kader Posyandu, Tim Penggerak PKK Kecamatan Lelak serta masyarakat Desa Gelong.

Bupati Manggarai Deno kamelus dalam sambutannya mengatakan sebuah Negara disusun berdasarkan organisasi mulai tingkat Desa hingga tingkat pusat ‘’Di Kabupaten ada Bupati,Sekda, Kepala Dinas, sekertaris, begitu juga di Desa ada Kepala Desa, Sekertaris, ada Kepala Urusan, ’’Kata Bupati Kamelus.

Disamping struktur organisasi di Executif kata Bupati kamelus ada juga lembaga-lembaga lain seperti DPRD Kabupaten, DPRD Propinsi dan DPR Pusat dan DPD ‘’Yang menjadi pertanyaan,untuk apa Negara buat,untuk apa organisasi ini,setiap 0rganisasi pasti ada strukturnya,termasuk di Desa’’ Ujar Bupati kamelus.

Menurut Bupati Deno kamelus ada beberapa hal dibuat Negara terkait dengan struktur,Pertama agar kerja-kerja yang dilaksanakan harus ada komando,Kedua,struktur organisasi penting agar ada yang namanya garis koordinasi,Ketiga dalam struktur harus ada Konsultasi.

Bupati Deno kamelus mengingatkan para Camat dan Kepala Desa agar bekerja sesuai aturan ‘’Kantor Desa gelong tidak akan jadi,kalau tidak ada Komando,Koordinasi, dan Konsultasi,’’Jelas Bupati Kamelus.

Khusus bagi kepala Desa Beliau sekali lagi mengingatkan agar mengelola Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dengan baik.

Kepala Desa Gelong Philipus Nagu kepada Media ini menjelaskan kantor Desa Gelong yang dibangun pada tahun 1979 ini,terdiri dari 6 anak kampung,diantaranya ; kampung Mpahar,Leteng,Ndiwar,Subuh,Laki,dan Rohang.

Sejak berdirinya tahun 1969,terdapat 5 Kepala Desa yang sudah memimpin Desa tersebut,yakni ; Philipus Riberu,Maksi Bagur,Bernadus Daur,Yosef Sandi,serta Kepala Desa saat ini Philipus Nagu ‘’Kantor Desa Gelong pertama kali dibangun pada masa kepemimpin Bapak Maksi Bagur pada tahun 1982,’’Katanya.

Pada tahun 2007 demikian Kades Philipus,Desa Gelong di mekarkan menjadi 4 Desa pada masa jabatan Kades Yosef Sandi dan Desa Gelong merupakan Desa Induk ‘’Gelong ini Desa induk,kemudian ada Desa Nati,Kulang dan Pering,’’Ungkapnya.

Bupati Manggarai didampingi Kades Gelong,pimpinan OPD dan Anggota DPRD Manggarai,Foto bersama sesaat setelah acara Peresmian kantor tersebut.   Foto : Aris

Dijelaskannya,pada tahun anggaran 2015 Dirinya bersama masyarakat menyepakati pembangunan Kantor Desa Gelong yang baru dengan Alokasi Dana Desa ‘’Alokasi Dana tersebut digunakan antara lain,untuk belanja modal,biaya operasional,dan salah satunya untuk pembangunan kantor Desa,’’,Paparnya.

Kantor Desa Gelong kata Kades yang akan mengikuti Pileg 2019 mendatang dari partai PAN tersebut menerangkan kantor Desa gelong dibangun selama 4 tahun anggaran yakni sejak tahun 2015 hingga 2018.

Tahun 2015 alokasi anggaran sebesar Rp.125.000.000.964.000.903,-,tahun 2016 sebesar Rp.149.000.000.460.000.84,-,tahun 2017 sebesar 120.000.000,-,Sementara tahun 2018 sebesar Rp.40.0000.000,-.Sehingga total anggaran mencapai Rp.435.000.000.424.000.987,-

Selanjutnya Bupati Deno Kamelus melakukan Pengguntingan pita dan meninjau langsung ruangan-ruangan dalam kantor tersebut.Selesai meresmikan Kantor Desa gelong,Bupati bersama rombongan,kemudian menyaksikan pagelaran caci yang diadakan selama dua hari dalam rangka peresmian kantor tersebut.   **(arismarsal)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published.