Pemkab Manggarai

Bupati Deno Kamelus Buka Bimtek PDAM

Ruteng – Bupati Manggarai DR.Deno Kamelus,SH.MH,Senin (11/9/2017) bertempat di aula Hotel Ranaka Ruteng,membuka kegiatan bimbingan teknis ( Bimtek) pengendalian kehilangan air atau non revenued water ( NRW).

Dalam sambutanya Bupati Deno Kamelus mengatakan kegiatan bimtek tersebut sangatlah penting,sebab dalam pembangunan di bidang apa saja,setiap saat kita hendaknya berupaya untuk menggunakan pendekatan yang menunjukan adanya inovasi di dalamnya.

Sementara bicara tentang pembangunan pada umumnya kata Bupati Deno Kamelus,pasti berkaitan dengan tiga hal. Pertama,menyangkut perubahan.Kedua,perubahan yang terjadi itu merupakan sesuatu yang terukur.Ketiga,pembangunan itu merupakan hasil dari perencanaan.

Lebih lanjut dikatakan,pertumbuhan penduduk di kabupaten Manggarai cukup tinggi.Dengan kondisi demikian tentunya juga masyarakat Manggarai membutuhkan banyak debit air untuk di konsumsi.

Karena itu PDAM diminta untuk mengurangi tingkat kebocoran air di Manggarai,membenahi sumber-sumber air agar debitnya makin meningkat  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ketua panitia Bimtek,Natalia Krensiana SE dalam laporan singkatnya menjelaskan Bimtek tersebut bertujuan ; untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia PDAM di bidang pengendalian kehilangan air,meningkatkan kemampuan peserta dalam menghitung neraca air,serta untuk menangkap tingkat kebocoran secara berkala maupun teknis.

Bimtek tersebut diikuti oleh 50 peserta,47 orang diantaranya berasal dari PDAM Tirta Komodo dan 3 orang lainya merupakan utusan PDAM Manggarai Barat.Bimtek berlangsung selama 4 hari,dengan menghadirkan nara sumber  dari Akademi teknik Tirta Magelang.  **(petrik)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.