Pemkab Manggarai

Bupati dan DPRD Manggarai Sepakati Dua Ranperda Menjadi Perda

Kominfo – Bupati Manggarai Herybertus G.L Nabit S.E.,M.A bersama DPRD Manggarai menyepakati dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda).
Kedua Ranperda dimaksud, yakni Ranperda tentang Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Ranperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2019 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.
Kesepakatan dua Ranperda menjadi Perda ditandai dengan penandatanganan naskah Ranperda oleh Bupati dan Wakil Ketua DPRD Simprosa Rianasari Gandut, dalam rapat paripurna keenam, yang berlangsung di ruang sidang utama kantor DPRD Manggarai, Selasa 29 Maret 2022.

Bupati Manggarai Herybertus Nabit, dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan hasil fasilitasi dan evaluasi yang dilakukan oleh Gubernur NTT, melalui Biro Hukum Setda Provinsi NTT dari tanggal 21 sampai 25 Maret 2022, diperoleh persetujuan, untuk, Pertama terhadap 2 (dua) Ranperda Kabupaten Manggarai disetujui untuk diproses lebih lanjut dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, yaitu Ranperda tentang Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Ranperda tentang perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2019 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.
Kedua, terhadap Ranperda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), berdasarkan ketentuan Permendagri nomor 105 tahun 2016 tentang Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, wajib untuk dievaluasi lebih lanjut oleh Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan.

Terhadap dua Ranperda yang telah ditetapkan hari ini lanjut Bupati, pemerintah secara resmi telah meminta kepada Gubernur NTT melalui surat nomor HK.034.1/49/2022 tanggal 28 Maret 2022 perihal permintaan nomor register pada Kabupaten Manggarai “Setelah penerapan dua Ranperda di atas menjadi Perda, kita tentu dituntut melaksanakan Perda dimaksud khususnya jajaran Pemda melalui perangkat daerah terkait sebagai dasar hukum menyelesaikan soal-soal yang kita hadapi,”ungkapnya.
Lebih lanjut dijelaskan, Pemda bersama DPRD tentu akan mempunyai tanggung jawab besar untuk menyebarluaskan perda yang telah ditetapkan, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan memudahkan dalam pelaksanaanya. “Lebih lanjut kewajiban kita bersama tidak sampai pada penetapan Ranperda menjadi Perda, akan tetapi lebih lanjut lagi yakni mengawal pelaksanaan dua perda baru dalam implementasinya.

Secara khusus kepada perangkat daerah pelaksana, Bupati Hery berpesan, agar wajib menyusun atau membuat peraturan pelaksananya, baik berupa peraturan Bupati atau keputusan Bupati dengan tetap mengacu pada peraturan daerah yang ditetapkan.
Pada kesempatan tersebut Bupati Hery juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan DPRD, ketua dan anggota fraksi, ketua dan anggota badan pembentukan perda DPRD kabupaten Manggarai atas waktu dan pikiran konstruktif bagi penyempurnaan Ranperda “Terima kasih atas komitmen, usul saran dan masukan kita semua dalam pembentukan Ranperda ini,” ujarnya.

Selain itu Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada perancang peraturan perundang-undangan pada Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT atas kerja samanya dan sumbangan yang sangat berharga dalam seluruh proses pembentukan Perda, mulai dari pemantapan konsepsi Ranperda sampai pada penetapan Ranperda menjadi Perda.
Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Pemerintah Provinsi NTT, dalam hal ini Biro Hukum Setda Provinsi NTT yang telah melakukan fasilitasi Ranperda. “Agenda ke depan masih banyak dan membutuhkan perhatian bersama, secara khusus pembahasan LKPJ tahun anggaran 2021 yang akan dibahas dalam masa sidang dua,” jelasnya.
“Kerja sama semangat kemitraan sebagaimana yang telah kita tunjukan, akan menjadi modal dan pengalaman berharga untuk menghadapi berbagai rintangan, perbedaan pendapat yang tentu akan terjadi pada agenda sidang berikutnya. Semua itu akan membuat kita semakin matang dan fokus mewujudkan Manggarai yang, adil dan berdaya saing,” pungkasnya.
Dalam sidang ini, turut dihadiri Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan Perangkat Daerah, para Kepala Bagian dan sejumlah anggota DPRD Manggarai serta Insan Pers. (aris)

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published.