Pemkab Manggarai

Bupati Bersama DPRD Manggarai Tandatangani Keputusan Tentang Persetujuan Penetapan Dua Perda

Ruteng Kominfo- Bupati Manggarai Herybertus G.L., Nabit S.E., M.A, bersama Ketua DPRD Matias Masir, rabu (10/05/2023) bertempat diruang utama gedung dewan, menandatangani keputusan bersama tentang penetapan dua Ranperda menjadi Peraturan Daerah.

Dua Perda yang  ditetapkan tersebut yakni, pertama:  Perda nomor 1 tahun 2023 tentang kabupaten layak anak.  Kedua: Perda nomor 2 tahun 2023 tentang perubahan ketiga atas peraturan daerah kabupaten Manggarai nomor 9 tahun 2016 tentang  pembentukan dan susunan perangkat daerah kabupaten manggarai.

Sidang Paripurna ke-8  yang dipimpin oleh wakil ketua DPRD Simprosa Sari Gandut itu, membahas beberapa agenda.  Agenda tersebut yakni, penyampaian laporan hasil  fasilitasi  empat  Ranperda oleh Bapemperda, penandantangan keputusan bersama Bupati Manggarai dan DPRD Kabupaten Manggarai  tentang penetapan dua Ranperda menjadi Peraturan Daerah, serta penetapan dua Perda kabupaten Manggarai.

Dalam  sambutanya Bupati Hery menjelaskan, terhadap Ranperda tentang  pembentukan  52 desa, setelah dilakukan fasilitasi oleh biro hukum Setda Provinsi NTT wajib untuk dievaluasi lebih lanjut oleh Mentri Dalam Negri.

 Sementara terhadap rancangan peraturan daerah tentang rencana tata ruang  wilayah kabupaten manggarai tahun 2023-2043, pada saat dilakukan fasilitasi di biro hukum setda provinsi NTT dinyatakan untuk ditunda terlebih dahulu, karena harus memperoleh persetujuan substansi dari  Mentri dan Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan  Republik Indonesia.

Setelah penetapan dua perda tersebut kata bupati Hery, kita semua dituntut untuk melaksanakan Perda dimaksud khususnya pemerintah daerah melalui perangkat daerah terkait sebagai dasar hukum dalam menyelesaikan berbagai hal yang harus kita kerjakan bersama.

“Kewajiban kita bersama tentu tidak sampai pada hal menetapkan akan tetapi lebih jauh mengawal dan melaksanakan dua peraturan daerah yang sudah ditetapkan ini dalam implementasinya,”ujarnya.

Hadir dalam sidang tersebut yakni, pimpinan OPD, Para Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, Anggota DPRD, serta undangan lainya.(pet)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =