Pemkab Manggarai

Berkantor di Desa,Merespon Cara Kerja Jokowi

RutengBupati Manggarai Dr.Deno Kamelus SH.MH,bersama Wakil Bupati Drs.Victor Madur,Sabtu (03/03/2018) kembali melaksanakan kegiatan berkantor di Desa.

Kali ini Bupati dan Wakil Bupati bersama seluruh unsur pemerintahan mulai dari staf hingga pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD ) berkantor di Desa Latung Kecamatan Cibal Barat.

Berkantor di Desa merupakan agenda rutin dan inovasi Deno-Madur untuk membangun Daerah ini mulai dari desa.Selain itu kehadiran Pemimpin di desa untuk melihat dan mendengar langsung apa yang menjadi keluhan dan keinginan dari masyarakat ‘’Kerja –kerja pembangunan dimana saja bisa dilakukan,di Jakarta bisa di Kupang bisa,di Kabupaten juga bisa,sampai di Desa-Desa,’’Ujar Bupati Kamelus.

Pemikiran dasar berkantor di desa menurut Bupati Deno Kamelus yakni merespon cara kerja Presiden Jokowidodo ‘’Yang saya lakukan dengan Pa wakil bagaimana Kami membangun dari pinggir,membangun dari perbatasan,membangun dari yang kurang,yang secara Nasional digaungkan dan Kami buat di Manggarai,’’Jelas Bupati kamelus.

Untuk itu,Bupati Deno Kamelus meminta para Camat,Lurah dan Kepala Desa untuk meluangkan waktu setiap minggu atau setiap bulan untuk mengunjungi desa ‘’Bila perlu minum kopi jangan dirumah sendiri,sama-sama minum kopi dirumah masyarakat,biar lebih tahu keluhan,persoalan dan kendala yang dihadapi masyarakat,’’Pinta Bupati Kamelus.

Beberapa agenda berkantor di desa Latung ini dipadukan dengan beberapa kegiatan lainnya yakni,pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Kabupaten Manggarai,penyerahan secara simbolis bantuan Beras Sejahtra ( RASTRA ),dan penyerahan dua unit kendaraan roda empat pengangkut air dari Bank NTT dan BRI melalui Pemkab Manggarai serta peresmian Bak Air Minum bersih bagi warga dusun di Desa Latung,diantaranya dusun Tonggong,Golo Mondo,Latung dan dusun Runtu.

Bupati Deno Kamelus mengatakan,air yang ada di Desa,kedepan lebih baik dikelola oleh PDAM,agar lebih profesional.PDAM Tirta Komodo Ruteng,kata Bupati Deno kamelus merupakan PDAM Terbaik di NTT bahkan juga di tingkat Nasional.Laporan keuangan BUMD tersebut mendapat predikat wajar tanpa pengecualian ( WTP) oleh BPKP.

Karena predikat tersebut jelas Bupati Deno Kamelus,Dirinya selaku Bupati beberapa waktu lalu mendapat piagam penghargaan dari suatu organisasi yang mewadahi seluruh PAM yang ada di Indonesia.

Dijelaskannya,untuk NTT hanya ada Dua Kabupaten yang mendapat dana hibah dari Kementerian Keuangan pada tahun 2017,karena pengelolaan air minun bersih sangat baik.

Ditambahkannya,kesulitan yang dihadapi masyarakat Cibal Barat termasuk di Desa Latung terkait air minum bersih adalah,sumber mata air berada di tempat  yang lebih rendah,sementara pemukiman berada di ketinggian.

Salah satu alternatif untuk mengatasi krisis air tersebut jelas Bupati Deno kamelus,yakni dengan membangun beberapa bak penampung,dan memasang jaringan pipa,lalu bak-bak tersebut diisi air menggunakan mobil tangki.Sehingga diharapkan upaya itu bisa mencukupi kebutuhan air bagi warga sekitar.

Bupati Deno kamelus didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny.Yeni Veronika Ketika menyerahkan Secara simbolis bantuan Beras Sejahtra ( RASTRA ) kepada Masyarakat di Desa latung.  Foto : Aris

Camat Cibal Barat Karolus Mance,S.Sos.MM dalam sapaan awal mengatakan,kehadiran Bupati dan Wakil Bupati diwilayah Cibal Barat merupakan motivasi bagi pemerintah kecamatan dan  masyarakat untuk terus bekerja demi mencapai kemakmuran.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Drs.Antonius Kanja dalam laporannya menuturkan,pelayanan perekaman dilakukan sejak tanggal 2 maret untuk Dusun Latung dan Runtu,dengan menghasilkan  80 kartu keluarga,pencetakan KTP elektronik sebanyak 45 jiwa,pencatatan kelahiran sebanyak 82 jiwa.sementara di Dusun Mondo dan Tonggong saat ini pelayanan masih dilakukan.

Agenda berkantor di desa juga dihadiri unsur Forkompimca,Ketua Tim Penggerak PKK Ny.Yeni Veronika,Asisten,Staf Ahli Bupati,Pimpinan OPD,para Camat se Kabupaten Manggarai,para kepala Desa se Kecamatan Cibal Barat,anggota TP PKK Kecamatan Cibal Barat,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat,guru,Bidan,Pelajar,dan Masyarakat Desa Latung.    **arismarsal 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 18 =