Pemkab Manggarai

Atlet Kempo Manggarai Raih 5 Medali Emas,3 Perak,7 Perunggu di Kejurnas Kempo

Ruteng –Prestasi membanggakan kembali di torehkan para atlet Kempo Manggarai di Kejuaran Nasional (Kejurnas) Kempo antar Mahasiswa dan Pelajar dari tanggal 12-15 Juli 2017 lalu di Tangerang-Propinsi Banten.

Hal tersebut Diutarakan Pelatih sekaligus Official Kempo Manggarai Simpay Ir.Ganggut Agustinus,MT ditemui media ini di kantor Bupati Manggarai,Kamis (19/7/2017)

Simpay Gusti Ganggut Yang pada kejurnas ini juga ditunjuk sebagai wasit Nasional mengatakan Kabupaten Manggarai berada pada peringkat ke Empat dari seluruh Kabupaten/kota di seluruh Indonesia.Adapun Medali yang diraih oleh para Atlet Kempo tersebut diantaranya 5 Emas,3 Perak dan 7 Perunggu.

Simpay Gusti Ganggut menjelaskan Medali Emas yang diraih yakni di kelas Randori,50 kg remaja putra atas nama Finding Jehadu,Kelas 55 kg putra Bonifilio T.A Deno,dan kelas 65 kg putra atas nama Martinus Jemahu serta Atlet Kempo Putri yang turun di kelas 47 kg remaja putri atas nama Yolanda Usen dan Kelas 50 kg putri atas nama Maria S.S Koda.

Sementara Medali Perak Randori,kelas 53 kg atas nama Rachel Margareta, Embu1 dari pasangan remaja putri kyu 2 atas nama Icha Deno dan Maria S.S Koda,Embu pasangan campuran kyu 2 dewasa atas nama Asveni C.K Gatas dan Alve M.M Dendot.

Untuk Medali Perunggu dari kelas Randori remaja putri diraih oleh Elvira Semaun di kelas 44 kg,kelas 60 kg remaja putra atas nama Onesimus C.Pinta,kelas 54 kg dewasa atas nama Selestinus M.Mida dan kelas 70 kg dewasa diperoleh Dismas A.Mataus.

Selain itu Medali Perunggu juga diraih oleh pasangan Embu campuran kyu 2 remaja atan nama Icha Deno dan Filemon E.Surya,Embu pasangan remaja putra kyu 2 atas nama Yulius Amal dan Martinus D.Jematu serta pasangan Embu beregu remaja putra atas nama Bonifilio T.A.Deno,Finding Jemadu,Filemon E.Surya dan Onesimus C.Pinta,Dengan demikian Kabupaten Manggarai berhasil menempati Juara Umum ke III dengan total nilai 165 poin.

Koordinator Kempo Se Daratan Flores-Lembata : Simpay Ir.Ganggut Agustinus,MT.  Foto : aris

Menurut Sympai Gusti Ganggut Prestasi yang diraih para Atlet Kempo Manggarai saat ini menunjukan kiprah,kemampuan,dan bisa bersaing di level Nasional.Itu juga dibuktikan dengan menjadi juara umum ke dua pada kejuaraan Nasional antar kota/Kabupaten se Indonesia 2016 lalu ,’’ dari 68 Kabupaten dan kota di Indonesia,Atlet-atlet Kempo Manggarai tempati urutan ke Dua,itu tahun lalu dan tahun ini kita ada di urutan Empat Nasional ,’’Kata Simpy Gusti.

Koordinator Kempo se Daratan Flores-Lembata ini juga menegaskan,Kabupaten Manggarai satu-satunya Kabupaten atau Kota yang meraih Lima Emas di Kelas randori dari semua Kabupaten/Kota di Indonesia yang mengikuti Kejurnas kali ini,’’Hanya Manggarai Kabupaten atau Kota se Indonesia yang raih Emas di Randori,sedangan kabupaten lain dapat mendalinya di Embu saja,’’Papar Simpay Gusti.

Terkait Medali yang berkurang di raih oleh para atlet,Simpay Gusti ganggut mengakui karena ada beberapa kelas yang tidak di ikuti,diantarnya kelas pemula dan kelas mahasiswa,sehingga dari 58 kelas yang disiapkan panitia,atlet kempo Manggarai hanya mengikuti 38 kelas,selain itu keterbatasan anggaran yang diperoleh atlet maupun official juga mempengaruhi perolehan medali,’’Kalau saja kita miliki dana yang cukup,Saya pikir kita akan berkiprah dan meraih Medali lebih banyak,’’Ungkapnya.

Simpay Gusti yang juga menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan-Sumber Daya Manusia ini menerangkan,di Cabang Olah raga Kempo ada dua sistem yang di gunakan,yaitu sistem Medali dan  sistem Point.

Kalau menggunakan Poin lanjut Simpay Gusti,Medali Emas dihitung Lima Belas Poin,Medali Perak di hitung Dua Belas Poin,sementara Medali perunggu di hitung Sembilan Poin,’’Tergantung Juknis,Kalau Juknisnya menggunakan sistem Medali,Tim kita ada di urutan Tiga,Tapi karena gunakan sistim poin,kita ada di urutan Empat,’’Ujar Simpay Gusti.

Dirinya menambahkan,Dari segi persentase pada Kejurnas kali ini,dari 20 Atlet yang diberangkatkan,sebanyak 17 Atlet mendapatkan Medali,sementara 3 Atlet belum meraih Medali ,’’perolehan Medali di Kejurnas ini hampir 85 %,Artinya dari atlet yang diberangkatkan,hanya Tiga yang tidak dapat Medali,Tujuh Belas Lainnya dapat,baik itu Emas,Perak maupun Perunggu,’’Tutup Simpay Gusti.  **( aris marsal )

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 2 =