Pemkab Manggarai

ASN di Manggarai Antusias Ikuti Skrining Kesehatan

Kominfo-Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di lingkup Pemerintahan kabupaten Manggarai antusias mengikuti kegiatan skrining kesehatan yang diadakan Dinas kesehatan kabupaten Manggarai, bertempat di lapangan Natas labar Motang Rua Ruteng, Senin 05 Januari 2024. Selain ASN kegiatan ini (Skrining) juga diikuti sejumlah tenaga Non-ASN.

Skrining merupakan suatu proses pemeriksaan atau penilaian kesehatan secara rutin untuk mendeteksi resiko penyakit tertentu.

Skrining kesehatan yang dilaksanakan oleh dokter dan tenaga kesehatan di kabupaten Manggarai ini, dilakukan dengan melalui beberapa tahapan seperti pendaftaran, wawancara riwayat penyakit, pemeriksaan indeks masa tubuh, pengecekan gula darah, kolesterol, tekanan darah, thalasemia, asma, penglihatan, pendengaran, pengukuran tinggi badan dan lainnya.

Di sela-sela kegiatan Skrining, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Manggarai drg.Bartolomeus Hermopan menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan Skrining untuk penyakit menular dan  penyakit tidak menular ‘’Contoh penyakit menular seperti hepatitis,TBC. sementara penyakit  tidak menular kolesterol, hipertensi dan diabetes. Skrining ini juga untuk mengetahaui kondisi fisik kita masing-masing,’’jelasnya.

Kadis Bartolomeus Hermopan mengatakan Skrining ini sangat penting bagi ASN maupun Non-ASN, selain untuk mengetahui apakah seseorang memiliki resiko penyakit juga karena ASN banyak yang usia produktif  ‘’Hari ini kepada Aparatur Sipil Negara maupun Non -Aparatur Sipil Negara, kita laksanakan Skrining untuk melihat atau mendeteksi lebih jauh ada tidaknya penyakit tertentu. Dengan kita mendeteksi lebih dini, kita akan mencari pengobatan yang lebih cepat sehingga kita dapat membantu diri kita dan orang lain guna meningkatkan derajat kesehatan’’ujarnya.

Kadis Bartolomeus mengatakan, apabila selama skrining dilaksanakan, ditemukan kondisi yang membutuhkan perawatan maka akan dikonsultasikan dengan dokter untuk dilakukan perawatan lanjutan ‘’Apabila ditemukan gangguan atau peningkatan kolesterol, gula darah atau hipertensi tentu disarankan agar segera melakukan perawatan lanjutan,’’terangnya.

Dirinya berharap berharap agar proses skrining ini bisa meningkatkan kesadaran terutama bagi ASN akan pentingnya menjaga pola hidup sehat

Selain itu Ia mengharapakan agar ASN bisa memiliki kesehatan yang baik dan prima sehingga bisa melayani masyarakat ‘’Kalau kita yang Aparatur Sipil Negara mendapat penyakit baik menular ataupun tidak, tentu akan berdampak pada pekerjaan dan layanan kepada masyarakat,’’pungkasnya.

Skrining kesehatan ini juga diikuti Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Daerah, para kepala bagian serta ASN dan Non-ASN yang bertugas di kantor Bupati dan sejumlah perangkat daerah.  **

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *