Pemkab Manggarai

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pimpin Rakor SPBE

Ruteng- Kominfo, Asisten II  Setda, Drh. Yoseph Mantara, M.P, memimpin rapat kordinasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai bersama tim dari Universitas Telkom Bandung, jumaat ( 14/10/2022), di ruangan sekda kabupaten Manggarai.

Rakor tersebut digelar terkait kerja sama pengembangan teknologi informasi, pendidikan, pelatihan, pengabdian kepada masyarakat dan bidang lainya khususnya berkaitan dengan kegiatan penyusunan Master Plan E-Government serta dalam rangka meningkatkan indeks sistim pemerintahan berbasis elektronik ( SPBE ) kabupaten Manggarai.

Kadis Komimfo Manggarai Heribertus Jelamu S.H, menjelaskan, rapat yang digelar kali ini lebih khusus untuk melihat kesiapan Pemkab Manggarai terlebih khusus Organisasi Perangkat Daerah untuk menyuplai data yang dibutuhkan oleh tim dari Universitas Telkom Bandung.

Asisten II Yoseph Mantara menjelaskan, dalam sistim surat menyurat sampai dengan saat ini pemkab manggarai masih menggunakan cara manual. Kodisi demikian jelas Mantara sangat menyita waktu dan memperlambat proses pelayanan kepada masyarakat.

“ Kalau sudah mulai menggunakan E- surat itu jelas lebih mudah dan lebih efisien, karena selama ini kami masih menggunakan cara yang lama untuk urusan surat menyurat,” ungkapnya.

Sementara itu Dekan universitas Telkom Bandung Bambang Setia Nugroho menjelaskan, timnya sudah berpengalaman untuk melaksanakan dan mengembangkan  SPBE di beberapa daerah di Indonesia. “ Tiap daerah punya karakteristik yang berbeda- beda, kami sudah mengembangkan SPBE di beberapa daerah di Indonesia selama ini,” ujar Bambang.

Bambang juga menjelaskan, salah satu program yang kita jalankan selama ini, bekerjasama dengan pemkab manggarai adalah mengembangkan program digitalisasi di kampung adat Todo. Hadir dalam rakor tersebut pimpinan OPD, Kadis Kominfo, serta Tim dari Universitas Telkom Bandung,( pet).

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + two =