Pemkab Manggarai

4 Puskesmas di Manggarai akan dilayani Tim Nusantara Sehat

Ruteng – Empat Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Manggarai,akan di layani oleh Tim dari Kementerian kesehatan yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat.

Ke empat Puskesmas tersebut tersebar di beberapa kecamatan diantaranya puskesmas Wae Kajong,Reo,Bea Mese dan Iteng.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai dr.Yulianus Weng,M.kes kepada Media ini,Senin (11/9/2017).

Kadis Weng menjelaskan Tim Nusantara sehat ini terdiri dari petugas sebanyak enam orang di setiap puskesmas yang ditempati.

Tim yang bertugas di puskesmas Wae Kajong terdiri atas apoteker,perawat,bidan,tenaga gizi,tenaga sanitarian dan laboratorium sementara dokter umum dan dokter gigi tidak ada.

Untuk Tim di puskesmas Reo terdiri dari dokter gigi,apoteker,perawat,bidan dan tenaga sanitarian,sementara dokter tidak ada.

Tim yang bertugas di puskesmas Bea mese terdiri dari dokter,bidan perawat,tenaga kesehatan lingkungan serta tenaga gizi.

Sementara di puskesmas Iteng terdiri dari tenaga apoteker,bidan,perawat,tenaga gizi,sanitarian serta farmasi namun dokter untuk di puskesmas Iteng ditempatkan.

Kadis Weng menuturkan Tim Nusantara sehat ini didatangkan dari Kementerian kesehatan dengan biaya di tanggung Kementerian Kesehatan,sementara Pemkab Manggarai hanya memfasilitasi dan menyediakan sarana seperti tempat tinggal ‘’ MOU sudah di tandatangani Pa Bupati dengan kementerian tanggal 23 Agustus lalu,Saya sendiri yang damping Beliau,semua biaya dari Kementerian Kesehatan,’’Terang Weng.

Kadis Weng menambahkan sebelumnya Tim dari Kementerian kesehatan sudah melakukan survey di setiap puskesmas yang ada di Manggarai,apakah layak atau tidak.Kemudian Tim survey ini merekomendasikan ke Badan PPSDM kementerian Kesehatan di Jakarta

Dirinya menerangkan di Provinsi NTT hanya ada 4 Kabupaten termasuk Manggarai yang di tunjuk kementerian untuk pelayanan kesehatan dari Tim Nusantara sehat ‘’Istilahnya Backs Tujuh hanya Empat Kabupaten di NTT,termasuk Manggarai’’Papar Weng.

Ke empat Kabupaten tersebut yakni ; Kabupaten Alor 1 Puskesmas,Manggarai Timur 1 Puskesmas,Kabupaten Kupang 2 Puskesmas dan Kabupaten Manggarai yang lebih banyak dengan 4 Puskesmas.

Tahun 2016 kata Dia,Kabupaten Manggarai juga mendapat jatah 4 Puskesmas yaitu Puskesmas Narang, pagal,Wae Codi dan puskesmas Nanu sehingga berjumlah 8 puskesmas dengan tahun 2017.

Kadis Weng berharap agar seluruh puskesmas di Manggarai akan mendapat jatah dari kementerian kesehatan melalui Tim Nusantar Sehat ‘’Mudah-mudahan tahun-tahun yang akan datang,semua puskesmas di layani Tim ini,’’Pinta Weng.

‘’Pengalaman Kita selama ini,dengan kehadiran Tim ini bisa memacu kinerja ,disiplin Teman-teman di puskesmas lebih baik,jadi harapannya Tim ini bisa memberikan Inovasi-Inovasi baru,’’Ujar Weng. **(aris marsal)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − 4 =