Pemkab Manggarai

Kodim 1612 Manggarai Bersama Dinas Lingkungan Hidup Bersihkan Sampah di Kilo Meter 5

Ruteng – Masih banyaknya warga kota Ruteng dan sekitarnya yang membuang sampah di bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kilo Meter 5, membuat tidak nyaman siapa saja yang melintasi daerah tersebut.

Bau menyengat dan tumpukan sampah yang dibuang oknum tidak bertanggungjawab hampir menjadi pemandangan sehari-hari bila melalui bekas TPA yang masuk dalam wilayah Kelurahan Karot Kecamatan Langke Rembong ini.

Demi menjaga kebersihan dan kenyamanan bekas TPA sampah kilo meter 5 arah utara Kota Ruteng tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manggarai bekerja sama dengan Kodim 1612 Manggarai melaksanakan kerja bhakti yang melibatkan seluruh personil Kodim, personil Koramil 1612 – 01 Ruteng dan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Manggarai, Rabu (7/8/2019).

Dandim 1612 Manggarai Letkol Inf. Rudi Markiano Simangunsong, S.Sos disela-sela kegiatan kerja bhakti mengatakan, Kodim merupakan bagian dari masyarakat Manggarai ‘’Semua elemen harusnya memiliki sikap yang sama terkait persoalan sampah , jadi bukan hanya tugas Dinas Lingkungan Hidup saja,’’Ujarnya.

Dandim Rudi mengajak seluruh lapisan masyarakat agar terpanggil dan peduli dengan persoalan sampah yang  kian hari kian meningkat ‘’Warga perlu sadar, membuang sampah bukan hanya merugikan orang lain tapi juga lingkungan sekitar, yang Kodim lakukan bukan hal yang luar biasa, tapi bentuk kepedulian pada lingkungan,’’Tuturnya.

Menurut Dandim Rudi, yang menjadi persoalan ke depan apakah setelah dibersihkan sampah-sampah di Kilo 5 ini, kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di bekas TPA ini menjadi baik ‘’Setelah ini, sudahlah jangan lagi buang- buang sampah di sini (bekas TPA), Saya pikir langkah awal harus ada penegakan hukum, untuk berikan pelajaran bagi warga yang buang sampah sembarangan, karena ada perdanya juga,’’Ungkapnya.

Pihaknya, kata Dandim Rudi akan selalu mensuport Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Manggarai ‘’Ini memang Tupoksi Dinas Lingkungan Hidup, tapi yang lain juga jangan berpangku tangan, ini tanggung jawab kita bersama,’’Katanya.

Dandim Rudi berharap agar semua pihak bekerja sama dan terus mengkampanyekan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama persoalan sampah ‘’kita tidak boleh menyerah, tidak boleh membiarkan oknum-oknum yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan. Sasaran Kita juga para pelajar, yang tentunya memiliki kesadaran jauh lebih baik,’’Bebernya.

TPA2

Di tempat yang sama Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Manggarai Drs.Silvanus hadir, MMA, menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan bekerja sama dengan pihak Kodim 1612 dalam rangka menjaga keberlangsungan kebersihan kota Ruteng.

Silvanus Hadir menerangkan, beberapa petugas juga pernah ditugaskan untuk menjaga lokasi bekas TPA sampah ini, namun petugas-petugas yang berjaga tidak bisa menjaga selama 1×24 jam disebabkan tidak adanya pos jaga di tempat ini ‘’Mungkin pada tengah malam itu, orang-orang membuang sampah, yang mestinya dibuang ke TPA Poco tapi mereka hanya buang di sini, peristiwa sudah terjadi sejak lama hingga saat ini,’’Ungkapnya.

Menurutnya, apabila sampah masih berserakan dan tidak dibuang pada tempatnya, yang merasa kurang nyaman bukan hanya masyarakat itu sendiri tapi juga tamu-tamu yang sedang berkunjung dan menikmati keindahan kota Ruteng.

Dalam rapat dengan Pihak Kodim kemarin, Selasa (6/8/2019) diputuskan beberapa hal, pertama ; Gerakan bersih bersama di lokasi bekas TPA sampah yang dilaksanakan hari ini, kedua ; Setelah kegiatan bersih dilanjutkan dengan membangun pos jaga darurat di lokasi bekas TPA Km 5. Dalam pos jaga ini segera ditempatkan petugas untuk mengawasi orang – orang yang membuang sampah di tempat ini oleh orang yang tidak bertanggung jawab. ‘’Memang harapan kita, dalam rangka kota Ruteng bersih, kita sama-sama bertanggung jawab dengan tidak membuang sampah sembarangan, menertibkan sampah di depan rumah kita masing-masing atau di Transfer Depo terdekat, sehingga petugas kami bisa mengangkutnya ke TPA di Poco,’’Imbuhnya.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang juga menjabat Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai ini juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kodim yang telah terlibat aktif dalam kegiatan ini , bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Manggarai ‘’Mulai dari kilo meter 3 tadi, sampai kilo meter 5 ini, tentunya diharapkan pihak-pihak yang tidak bertanggungg jawab tidak membuang sampah lagi di tempat ini,’’Tegasnya.

TPA3

Turut serta dalam kegiatan tersebut Kasdim Mayor Chb.I Wayan Subrata, Pasi Ops Kodim Kapten Inf.I Putu Gede Wiramahardika, Pasi Log Kodim Kapten Inf. I Putu Gunawan, Danramil 1612- 01 Ruteng Kapten Inf. Sulaiman Baba, Pasiter Kodim Lettu Inf. Simon Halek serta Pasi Pers Kodim Lettu Arh. Lipris S.  (ars)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *