Pemkab Manggarai

Penyerapan Rastra Triwulan 1 & 2 di Manggarai Capai 100 %

Ruteng ; Realisasi penyerapan beras sejahtera (rastra) khusus Manggarai Timur Masih tergolong sangat rendah. Hingga kini Sebanyak 136 desa di Manggarai Timur belum mengajukan permintaan beras sejahtera (rastra) periode triwulan 1 dan 2 tahun 2018. Sementara Kabupaten Manggarai penyerapan triwulan 1 dan 2 telah mencapai 100 persen.

Kasub dolog Ruteng, Zuhri Hanafi kepada Media ini mengatakan,hingga kini baru 40 desa di Manggarai Timur yang penyerapan rastra triwulan 1 dan 2 mencapai 100 persen.Sementara 136 lainnya masih 0 persen. Jumlah rastra yang terserap baru mencapai 246 ton dari total Pagu 2018 sebanyak 3.105 ton.

Hanafi mengaku,lambannya penyerapan rastra untuk Manggarai Timur ini disebabkan saat ini ratusan desa di wilayah itu masih melakukan verifikasi data sasaran penerima manfaat. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemkab Manggarai Timur terkait keterlambatan penyerapan rastra tersebut.

Sementara  Kabupaten Manggarai untuk jatah rastra triwulan 1 dan 2 sudah mencapai 100 persen.  Bahkan saat ini sejumlah desa dalam proses pengajuan permintaan rastra triwulan 3. Dibanding tahun sebelumnya,tahun ini merupakan yang tercepat penyerapan untuk kabupaten Manggarai. Total pagu rastra Manggarai tahun ini sebanyak 3.628, 04 ton untuk 30.237 kk.

Terkait stok rastra,menurut hanafi saat ini ketersediaan masih cukup untuk kebutuhan hingga Oktober nanti. Jumlah stok yang ada di gudang dolog saat ini mencapai 2.300 ton. Kecuali itu sebanyak 2000 ton masih diproses pengiriman dari Bima dan Banyuwangi .  (yoga)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *