Pemkab Manggarai

Gubernur Nusa Tenggara Timur Meninjau Pasar Inpres Ruteng

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Bupati Manggarai, Heribertus G. L. Nabit, meninjau langsung suasana di Pasar Inpres Ruteng, Kabupaten Manggarai, Senin (18/04/2022).

Pada kesempatan itu, Bupati dan Gubernur berkeliling untuk menemui beberapa pedagang sambil bertanya harga dari barang yang dijual. Tampak adanya interaksi antara Gubernur dengan para pedagang. Kehadiran dua pemimpin ini disambut baik oleh para pedagang pasar inpres ruteng.

Beberapa pedagang merasa bersyukur dan senang karena barang dagangan mereka seperti daging babi, kain tenun songke manggarai, sayur-sayuran, dan ikan dibeli laku terjual.

Sementara itu dalam keterangannya disela-sela blusukan ke pasar inpres Ruteng, Gubernur NTT mengatakan bahwa, pembangunan saat ini menuju kepada transaksi digital. Kunjungan ke pasar inpres untuk melihat secara langsung penggunaan aplikasi pembayarn online Bank NTT dalam transaksi jual beli.

“Model pembangunan sekarang ini menuju kepada transaksi elektronik, sementara untuk transaksi tunai tidak lagi menjadi model. Saat ini kita terus mendorong sehingga ada percepatan-percepatan ekonomi,” ungkap Gubernur Viktor.

Gubernur Viktor juga mengatakan bahwa, para pedagang di pasar saat ini tidak perlu lagi menunggu orang datang, namun bisa menerima pesana melalui Qris dan langsung dapat diantar ke rumah pembeli.

Sementara itu, Gubernur Viktor menyoroti keseriusan pemerintah dalam mendorong pertanian di NTT

“Saya mengakui bahwa pasokan barang barang saat ini seperti bawang masih berasal dari luar wilayah NTT, dan itu menunjukan bahwa kita belum serius untuk mendorong pertanian NTT yang merupakan bagian dari diri kita sendiri. Kunjungan di pasar ini juga untuk mengecek produk mana saja yang bisa dikerjakan didalam negeri atau di NTT, tetapi saat ini masih didatangkan dari luar, itu sebagai antisipasi kedepan apa-apa saja yang perlu dipersiapkan,” terangnya.

Dan terkait harga dan langkanya minyak goreng, Gubernur mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan Pergub terkait produksi minyak dari bahan baku kelapa.

“Minyak goreng juga salah satu produk dari luar, saat ini kita sedang menyiapkan Pergub agar produksi kelapa kita tidak jual secara bahan baku, namun bisa langsung diolah menjadi minyak kelapa,”tutur Gubernur.

Selepas mengunjungi pasar inpres Ruteng, rombongan Bupati dan Gubernur langsung beranjak mengunjungi Desa Perak, Kecamatan Cibal untuk meninjau jalan Perak-Bea Mese yang merupakan bantuan dari provinsi NTT tahun 2021.

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram