Pemkab Manggarai

Gubernur Laiskodat Kunker Ke Manggarai

RUTENG KOMINFO – Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kabupaten Manggarai. Kunker ini dijadwalkan berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 18 sampai 19 April 2022. Acara penerimaan secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai berlangsung di rumah jabatan Bupati Manggarai sekitar pukul 19.30 Wita, Minggu (17/04).

Pantauan media ini, Gubernur Laiskodat bersama rombongan tiba di rujab Bupati Manggarai langsung diterima secara adat yakni tuak tiba, pengenaan topi serta selendang Manggarai. Tampak Bupati Manggarai, Herybertus G.L.Nabit, S.E, M.A dan Wakil Bupati, Heribertus Ngabut, SH didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. Jahang Fansi Aldus, Unsur Forkompinda dan para kepala OPD lingkup Pemkab Manggarai menyambut kedatangan Gubernur Laiskodat bersama rombongan.

Bupati Manggarai, Herybertus G.L.Nabit, S.E, M.A saat itu menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Laiskodat. Pemerintah dan masyarakat Manggarai menyambut gembira kunker Gubernur Laiskodat ke wilayah kabupaten Manggarai. “Kami tentunya merasa senang Pak Gubernur bisa berkunjung ke Manggarai. Selama dua hari Bapak Gubernur berada di kabupaten Manggarai, ini sesuatu yang luar biasa,” ungkap Bupati Hery

Bupati Hery pada kesempatan itu juga menyerahkan cendra mata berupa kain songket adat Manggarai kepada Gubernur Laiskodat. Menurutnya,  kain tersebut terbuat dari benang premium sebagai salah satu hasil karya penenun muda Manggarai. “ Dengan arahan Ibu Julie ( Julie Sutrisno Laikodat, red) kami mengumpulkan kembali penenun-penenun muda untuk menjamin bahwa 20 tahun lagi Manggarai masih mempunyai penenun,” ungkap Bupati Hery.

Kepada Gubernur Laiskodat, Bupati Hery menjelaskan secara lengkap tentang makna dari sejumlah motif yang terdapat dalam hasil tenunan tersebut. “Kunjungan Bapak hari ini bertepatan dengan genap satu tahun kami mengumpulkan narasi mengenai arti dari motif-motif yang terdapat dalam kain songket Manggarai ini,“ terang Bupati Hery.

Bupati Hery menyampaikan terima kasih kepada jajaran Bank NTT yang selalu mendampingi Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam upaya memberdayakan para pengrajin tenun di Kabupaten Manggarai.

Agenda Kegiatan Kunker Gubernur Laiskodat di Kabupaten Manggarai

Hari Senin, (18/04), Gubernur Laiskodat dan rombongan dijadwalkan meninjau Pasar Digital di Pasar Inpres Ruteng. Selanjutnya melakukan peninjauan Jalan Perak-Bea Mese di Kecamatan Cibal sekaligus pertemuan bersama para Kepala Desa sekecamatan Cibal.

Kecuali itu, melakukan peninjauan Perkebunan Sayur berupa green house di desa Poco Likang, kecamatan Ruteng dilanjutkan dengan peninjauan Show Room Dekranasda Kabupaten Manggarai.

Usai meninjau show room Dekranasda, Gubernur dan rombongan sekira selama 20 menit meninjau takjil di pelataran masjid Baiturahman, Ruteng.  Setelahnya, meninjau Kopi Mane, Ruteng. Selanjutnya kegiatan penandatanganan Pinjaman Kredit Daerah yang berlangsung di Revayah Hotel.

Sementara pada hari Selasa (19/04), Gubernur Laiskodat dijadwalkan melakukan pertemuan dan penanaman bibit bamboo secara simbolik bersama Bupati Manggarai dan PKH di desa Golo Worok, Kecamatan Ruteng.

Selanjutnya kunker Gubernur Laiskodat di kabupaten Manggarai ditutup dengan kegiatan penanaman perdana jagung dalam program TJPS kemitraan di desa Nao, kecamatan Satar Mese Utara. ***YOGA

Share this post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram