Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Informasi tentang Covid-19 dapat diperoleh di sini atau di sini

Gubernur Victor : Bangun Pariwisata di Manggarai Harus Kolaborasi

Tanggal update: 09 Oct 2020 13:09, oleh: Admin

Ruteng - Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor Bungtilu Laiskodat menegaskan membangun pariwisata di kabupaten Manggarai agar bisa maju harus kolaborasi.

"Bangun pariwisata bukan hanya tugas Dinas pariwisata tapi semua Dinas. Di situ ada peternakan, pertanian, perhubungan, PU, perumahan dan lainnya," ujar Gubernur Victor Laiskodat saat mengadakan pertemuan dengan sejumlah pimpinan OPD di Kabupaten Manggarai, bertempat di Spring Hill Resto kelurahan Mbaumuku kecamatan Langke Rembong, Kamis 9 Oktober 2020.

"Kita selalu gagal membangun daerah karena cara kerja kita tidak sampai pada out come. Saya mau Pemda cepat lakukan analisa-analisa, karena ke depan kita akan menuju ke sana, itu investasi pemerintah dan harus berhasil," kata Gubernur Victor.

Dikatakan Gubernur, destinasti wisata Wae Rebo harus menjadi destinasti unggulan di Manggarai.

Untuk itu, orang nomor satu di NTT tersebut mengatakan perlu adanya perencanaan yang baik, mulai dari infrastruktur, pelatihan sumber daya dan juga akomodasi. "Bicara tentang Wae Rebo kita harus siapkan tenaga kerja, juru masaknya, souvenir, guide, akomodasi. Kita siapkan kamar-kamar di rumah warga, rumah warga dibuat home stay dan restauran. Semuanya libatkan masyarakat setempat," ungkapnya.

Untuk itu Gubernur meminta Dinas Pariwisata agar gencar mempromosikan destinasti wisata di Manggarai dan memberikan dorongan kepada masyarakat agar paham tentang pariwisata. "Dinas pariwisata promosikan destinasti wisata di Manggarai melalui website agar dikenal luas. Posting semua daerah wisata termasuk Wae Rebo, kolaborasikan semua untuk majukan pariwisata kita," ajak Gubernur.

Terkait program Kementerian Perumahan yang memiliki program peningkatan rumah tidak layak huni di desa-desa di kawasan Wae Rebo sebanyak 28 unit di tahun 2020, Gubernur Victor menyarankan agar desainya dilihat terlebih dahulu, "Desain jangan pakai sing harus pakai ijuk," ujarnya singkat.

Ke depan lanjut Gubernur akan dipikirkan untuk dibangun sebuah rumah sakit yang bagus untuk menunjang pariwisata di Wae Rebo, tetapi Pemda persiapkan terlebih dahulu lahannya, "Tapi untuk saat ini Puskesmasnya dulu yang dibuat bagus," pungkasnya. (ars)