Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Informasi tentang Covid-19 dapat diperoleh di sini atau di sini

Wabup Victor Madur Sampaikan Jawaban Bupati Manggarai Terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD Atas Nota Keuangan APBD Tahun 2019

Tanggal update: 09 Jul 2020 13:24, oleh: Admin

Ruteng, Wakil Bupati Manggarai Drs. Victor Madur menyampaikan jawaban Bupati Manggarai terhadap Pandangan Umum Fraksi- Fraksi DPRD Kabupaten Manggarai atas Nota Keuangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Manggarai Tahun Anggaran 2019, pada sidang paripurna ke 11, Rabu ( 8/07/2020 ) bertempat di Ruang Utama Sidang DPRD Manggarai.

Sidang tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Matias Masir.Turut hadir selain Wabup Viktor, hadir juga Sekda Drs. Fansy Jahang, para staf ahli Bupati, para sisten, pimpinan OPD, dan undangan lainya.

Sidang Paripurna ke 11, dipimpin Oleh Ketua DPRD Matias Masir, Rabu ( 08/07/2020 ). Foto: Kominfo

Terhadap usul saran, masukan dan apresiasi yang telah disampaikan oleh  Fraksi PAN  melalui pandangan umum, maka dengan ini Bupati Manggarai menyampaikan beberapa jawaban/penjelasalan sebagai berikut;

  1. Bupati Manggarai juga menyampaikan terima kasih kepada Fraksi berkaitan dengan Nota Keuangan Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun 2019 kepada Dewan yang terhormat.
  2. Bupati Manggarai sependapat dengan Fraksi tentang arah dan kebijakan umum Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2019 sesuai KUA-PPAS Tahun 2019.
  3. Bupati Manggarai menyampaikan terima kasih atas apresiasi Fraksi terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 walau saat ini kita lagi dilandapandemi akibat corona virus yang melanda dunia termasuk di Kabupaten Manggarai.
  4. Bupati Manggarai sepakat dengan Fraksi untuk terus focus memberdayakan masyarakat Manggarai melalui Program SIMANTRI yang telah berkembang dengan baik, terlebih khusu petani Hortikultura yang terus berkembang mengikuti pesatnya permintaan pasar/konsumen baik permintaan dari dalam maupun dari luar Kabupaten Manggarai.

Soal Pandangan umum Fraksi Gokar, Bupati Manggarai menyampaikan terima kasih atas apresiasi Fraksi atas pencapaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ( LKPD ) kabupaten Manggarai Tahun Anggaran 2019 dengan memperoleh opini Wajar Tanpa Pnegecualian ( WTP ). Bupati juga sependapat dengan Fraksi agar beberapa temuan dan rekomendasi dari hasil pemeriksaan BPK- RI Perwakilan Propinsi NTT yang tertuang dalam dLaporan Hasil Pemeriksaan untuk segera ditindaklanjuti.

Terhadap Pandangan umum Fraksi Partai NASDEM, bupati Deno menyampaikan terima kasih atas apresiasi Fraksi terhadap realisasi Pendapatan Asli Daerah Tahun Anggaran 2019 mencapai 108,67%. Terhadap realisasi Pajak Daerah, yang realisasinya hanya Rp.19.159.709.110,00 atau 67,43% dari anggaran sebesar Rp.28.416.288.536,00, Bupati Manggarai menjelaskan hal tersebut disebabkan antara lain; adanya penundaan pembayaran pajak oleh Wajib Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan,Pajak Restoran, Pajak Hiburan. Selain  itu dalam tahun berjalan ada juga beberapa pengusaha/wajib pajak menutup usahanya antara lain Pajak Hiburan ( Klub malam, bliard dan tempat karoke ).

 

Sementara itu terkait Pandangan Umum Fraksi PDIP, Bupati Manggarai juga menyampaikan terima kasih kepada Fraksi berkaitan dengan kesiapan dokumen dalam proses pembahasan Nota Keuangan atas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019. Bupati juga menyampaikan terima kasih atas apresiasi Fraksi terhadap Opini Wajar Tanpa Pengecualian oleh BPK- RI Perwakilan Propinsi NTT untuk pengelolaan Keuangan Daerah selama dua tahun berturut- turut yaitu pada tahun 2018 dan Tahun Anggaran 2019. ( PETRIK ).