Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Informasi tentang Covid-19 dapat diperoleh di sini atau di sini

Wabup Victor Madur Serahkan BLT Secara Simbolis di Kecamatan Wae Rii

Tanggal update: 11 Jun 2020 21:26, oleh: Admin

 

Wakil Bupati Manggarai Drs. Victor Madur memantau sekaligus menyerahkan secara simbolis  dana Bantuan Langsung  Tunai,( BLT ) di sejumlah desa di Kecamatan Wae Rii, Kamis ( 11/06/2020 ). Desa- desa  yang menyalurkan  BLT tersebut,yakni desa Golo Cador,Bangka Jong, Ranaka, Desa Mendo,dan desa Ndehes.

Wabup Drs. Victor Madur menyerahkan secara simbolis BLT Kepada Warga di Desa Bangka Jong. Foto: Kominfo

Saat menyerahkan bantuan BLT secara simbolis kepada masyarakat di desa Bangka Jong, Wabup Victor berpesan agar dana yang diterima tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya,terutama untuk peningkatan gizi dalam keluarga.,” Saya minta uang yang dibagikan hari ini jangan digunakan untuk hal hal yang  tidak bermanfaat, contohnya untuk beli kupon putih,itu tidak boleh,”ujar Madur.

Pemerintah kata Madur baik itu pemeritah pusat,propinsi hingga daerah selama ini selalu berupaya keras dari waktu kewaktu untuk memastikan bahwa masyarakat tetap sehat, makmur dan sejahtera.

Wabup Victor menambahkan total jumlah KK yang dikirim ke pemerintah pusat untuk mendapat bantuan yang bersumber dari kementrian sosial, APBD Propinsi, Kabupaten hingga Dana Desa adalah sebanyak  19.631 KK. “Apapun kondisinya, masyarakat  tidak boleh menderita apalagi sakit.Harus makmur dan sejahtera, dan itu adalah tugas pemerintah,”tegasnya.

Di bagian akhir sambutan juga beliau berpesan kepada masyarakat,untuk selalu ikuti himbauan pemerintah dan protocol kesehatan. “ Memasuki kehidupan baru ini,kita semua dituntut untuk menerapkan pola hidup sehat,jangan lupa selalu pake masker,jaga jarak dan hindari kerumunan orang banyak, itu beberapa upaya terhindar dari Covid 19. Sekitar 60 ribu lebih kk nanti akan dapat bantuan social dalam rangka  pengamanan jaringan social,terutama dari aspek ekonomi,didalamnya termasuk yang disabilitas.” Ujar Wabup victor.

Penjabat Kepala Desa Bangka Jong  Eduardus Nuruk menjelaskan, total kepala keluarga yang  mendapat  BLT di wilayah tersebut yakni 131 KK. Sementara penerima bantuan PKH sejumlah 114 kk, BST Kemensos sejumlah 46 kk, Sembako Kemensos 9 kk, dari total KK desa Bangka Jong  sejumlah 320 kk,300 kk diantaranya adalah penerima bantuan Pemerintah.

Penjabat Kepala Desa Bangka Jong, Eduardus Nuruk

Lebih lanjut dijelaskan,total dana yang diterima masyarakat  yakni sebesar 1,2 juta per kk untuk tahap pertama. Keluarga yang boleh mendapatkan bantuan  kata Eduardus adalah keluarga  yang memenuhi syarat, yakni keluarga yang belum mendapat bantuan sembako  dan PKH, keluarga dari daerah terpapar, penyandang disabilitas, janda, keluaraga dari daerah terpapar, dan beberapa persyaratan lainya.  Sementara yang tidak berhak adalah PNS, pegawai kontrak,  bidan Desa, BPD, Pensiunan PNS, dan kk penerima PKH, “ada pihak yang  tidak puas karena tidak dapat bantuan, intinya kita bagi sesuai persyaratan,bukan soal suka atau tidak suka,” tegasnya. ( PETRIK ).