Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Informasi tentang Covid-19 dapat diperoleh di sini atau di sini

Petugas Periksa Suhu Tubuh Umat, Saat Thabisan Uskup Ruteng

Tanggal update: 20 Mar 2020 14:46, oleh: Aris


Petugas Memeriksa Suhu Tubuh Umat.  Foto : Kominfo 

Ruteng- ada yang berbeda dari perayaan ekaristi penthabisan Uskup terpilih Keuskupan Ruteng Mgr.Siprianus Hormat yang berlangsung di Gereja Katedral Ruteng, Kamis(19/3/2020).

Sejumlah Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, memberikan cairan pembunuh kuman (hand sanitizer) kepada umat yang akan menghadiri perayaan ekaristi thabisan Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat. Tidak hanya itu, petugas juga memeriksa dan mengecek suhu tubuh umat menggunakan alat Thermogun mulai dari gerbang halaman parkir hingga pintu-pintu masuk gereja dan tenda-tenda yang disiapkan panitia thabisan.

Hal tersebut dilakukan petugas, guna mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19) yang melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Meski hingga kini virus yang pertama kali muncul di Wuhan ,China tersebut tidak ditemukan di Kabupaten Manggarai, namun langkah antisipasi terus dilakukan petugas kesehatan, terutama di tempat-tempat keramaian seperti bandara, terminal maupun tempat ibadah.

petugas dengan sabar melayani pemberian Hand Sanitizer dan mengecek satu persatu suhu tubuh umat yang datang. Bagi umat yang terdeteksi suhu tubuhnya normal diijinkan masuk ke dalam gereja dan tenda-tenda.

Petugas Memeriksa Suhu Tubuh

Seorang Biarawati.  Foto : Kominfo

Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Antonius Subianto Benjamin saat kotbah misa penthabisan mengatakan, di tengah maraknya informasi mengenai virus corona dan gencarnya sosialisasi, thabisan Uskup Siprianus bukanlah sebuah manivestasi publik untuk melawan.

Mgr. Antonius juga mengajak umat yang hadir agar menjadikan ibadat nasional untuk cinta kepada ALLAH ,memohon belas kasih ALLAH agar Dia mencurahkan rahmat dan mujizatnya untuk menghilangkan bahaya virus corona dari muka bumi ‘’Di Keuskupan terbesar di Indonesia ini, mari kita lambungkan doa bersama-sama kepada Tuhan, agar Dia berkenan kepada kita semua untuk tulus dan melakukan segala sesuatu dengan kasih, melakukan pengobatan, melakukan pencegahan,’’ujarnya. 

‘’Mudah-mudahan peristiwa ini mengantar kita kepada penebusan, agar kita bangkit berpasrah dan menggantungkan diri seraya memohon belas kasih pada Tuhan,’’terangnya.

Tidak hanya saat perayaan ekaristi thabisan Uskup Ruteng, sebelumnya Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai telah melakukan langkah-langkah antisipasi penyebaran virus corona dengan melakukan deteksi dini pencegahan dengan melakukan pengecekan suhu tubuh di Bandara Frans Sales Lega, pelabuhan Reo serta di terminal Carep dan Mena yang berada di dalam kota Ruteng.    (aris)