Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Hadiri Penandatanganan Komitmen Bersama di Rutan Kelas IIB, Bupati Manggarai : Kita Harus Bergerak Maju

Tanggal update: 05 Feb 2020 12:23, oleh: Aris

Ruteng - Kantor Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT, dalam hal ini Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Ruteng, melaksanakan Deklarasi Kinerja Tahun 2020 dan Penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Zona Integritas (ZI) di lingkungan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Ruteng.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (29/1/2020) pukul 09.00 Wita, di Rutan di Jalan Ranaka Km. 3 Ruteng – Nusa Tenggara Timur.

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H. hadir pada kesempatan itu dan menjadi saksi sekaligus turut menandatangani komitmen bersama. Juga hadir Kapolres Manggarai, AKBP Mas Anton Widyodigdo dan Ketua Pengadilan Negeri Ruteng, Sarlota Marselina Suek, S.H. serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Manggarai. Para pegawai dan warga binaan pada Rutan Negara Kelas IIB Ruteng juga ikut menyaksikan peristiwa itu.

Dalam sambutannya, Bupati Deno Kamelus mengatakan bahwa setiap instansi, baik pusat maupun daerah, wajib memberikan peran yang optimal sesuai tugas dan tanggung jawabnya. Peran itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Peningkatan pelayanan masyarakat itu tentu mengalir dari komitmen bersama. Intinya kita harus bergerak maju. Oleh karena itu, sebagai Bupati Saya menyampaikan apresiasi kepada pihak Rutan yang memulai tahun 2020 dengan membangun komitmen dalam rangka pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Rutan Negara Kelas IIB Ruteng Muhammad Mehdi, A.Md.Ip, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya mengatakan, Kemenkum-HAM dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Karena itu, lanjutnya, masyarakat diharapkan memberikan dukungan agar pelaksanaan pelayanan dapat berlangsung dengan baik.

“Adanya perubahan pola pikir bahwa ASN bertugas memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Khusus di Rutan, hal ini menjadi core business dari pelaksanaan tugas pelayanan, pembinaan kepada warga binaan,” paparnya.

Usai acara tersebut, Bupati Deno Kamelus bersama rombongan berkesempatan menyapa para warga binaan yang berada di beberapa blok. Para penghuni blok tersebut juga menyambut baik kunjungan tersebut.

Selanjutnya mereka meninjau areal tanaman hortikultura di Rutan IIB Ruteng. Bupati Deno Kamelus mengapresiasi kreativitas warga binaan dalam mengembangkan tanaman hortikultura, yang disebutnya sebagai bagian dari upaya mendukung program prioritas Pemerintah Kabupaten Manggarai. Tampak beberapa jenis tanaman hortikultura seperti sayur Kol dan Cabai yang siap panen di atas plastik bedengan atau mulsa. (Tim Protokol Manggarai)