Pemerintah Kabupaten Manggarai

BUPATI
DR.DENO KAMELUS,SH.MH

WAKIL BUPATI
DRS. VICTOR MADUR

Update terbaru:

Informasi tentang Covid-19 dapat diperoleh di sini atau di sini

SAKIP Kabupaten Manggarai Kembali Raih Nilai B

Tanggal update: 29 Jan 2020 14:22, oleh: Admin

Ruteng - Pemerintah Kabupaten Manggarai kembali meraih Predikat B (menunjukkan akuntabilitas kinerja pemerintah yang baik) dari hasil penilaian oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019.

Predikat yang sama juga diraih pada evaluasi SAKIP tahun sebelumnya, tetapi kali ini mengalami kenaikan nilai; dari 60,65 pada tahun 2018 menjadi 61,65 untuk tahun 2019

Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur, usai menerima penghargaan tersebut dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatus dan Pengawasan Kementerian PAN RB, di Hotel Ayana Bali hari Senin, 27 Januari 2020 kemarin mengatakan bahwa kenaikan nilai SAKIP Kabupaten Manggarai tahun 2019 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dan capaian kinerja di setiap Perangkat Daerah di Kabupaten Manggarai.

"SAKIP merupakan salah satu alat ukur capaian kinerja pemerintah dan sebagai media pertanggungjawaban kepala daerah kepada publik,” kata Wabup Victor Madur.

Ditambahkannya, kinerja pemerintahan yang baik setidaknya dicapai melalui perencanaan yang baik, pengarahan yang baik, pengendalian yang tepat dan pelaksanaan yang transparan. “Dan OPD-OPD di Kabupaten Manggarai berada dalam alur tersebut sehingga evaluasi SAKIP tahun 2019 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya,” tambahnya.

Meski meraih torehan positif, tapi menurut Wabup Viktor Madur, SAKIP Kabupaten Manggarai perlu dilakukan secara terus menerus. “Semua aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta outcome harus jelas dan terukur dan mesti memberi dampak bagi masyarakat. Semoga untuk tahun 2020 kita bisa mendapat nilai BB,” harapnya. (AB)